Ada 8 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesegaran tubuh. kegunaan pisang yang beragam pun bisa dengan ringan Anda dapat
Ada 8 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesegaran tubuh. kegunaan pisang yang beragam pun bisa dengan ringan Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Pisang sudah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini sesungguhnya tumbuh subur di negara-negara tropis, layaknya Indonesia.

Begitu banyak kebaikan yang terkandung di di dalam sebuah pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Ada 8 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan beragam kandungan nutrisinya, ada banyak kegunaan pisang bagi kesegaran yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah sebagian manfaatnya:

1. Sebagai sumber energi

Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di di dalam sebuah pisang terkandung kurang lebih 27 gram karbohidrat. Di di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat terhitung bisa diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu wujud glukosa yang disimpan di otot dan juga hati dan digunakan sebagai daya selama beraktivitas.

2. Menjaga kesegaran jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium di di dalam pisang bisa membantu kegunaan pembuluh darah di dalam mengangkut oksigen ke otak, memelihara kestabilan detak jantung, dan turunkan tekanan darah. Pisang terhitung diketahui bisa mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah rusaknya sel dan jaringan tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di di dalam pisang bisa menghindar rusaknya sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, agar turunkan risiko terkena beragam penyakit layaknya kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Tak cuma baik untuk kesegaran jantung, kandungan kalium di di dalam pisang terhitung bermanfaat untuk menghindar penyakit batu ginjal. Sebuah penelitian terhitung memperlihatkan bahwa orang yang tetap terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Mengurangi mual waktu hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa mengurangi rasa mual dan muntah waktu hamil, sedang kandungan kaliumnya bisa mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Menjaga kesegaran saluran cerna

Pisang merupakan sumber prebiotik, agar baik untuk memelihara kesegaran usus dan saluran cerna. Sebuah studi terhitung memperlihatkan bahwa probiotik bisa mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat mengkonsumsi antibiotik.

Di samping menyehatkan saluran pencernaan, pisang mengandung serat yang bisa menghindar sembelit dan kanker usus besar.

7. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya bisa memberi tambahan pengaruh kenyang lebih lama dan menghindar nafsu makan, agar Anda pun tidak makan secara berlebihan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang tengah menjalani program diet untuk turunkan berat badan.

8. Meredakan tukak lambung

Pisang bisa membuat peningkatkan lendir di lambung, agar bisa meredakan atau menghindar tukak lambung. Pisang terhitung berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan langkah menetralkan asam lambung, agar bisa mangatasi nyeri akibat maag.

Cara Sehat dan Tepat Mengonsumsi Pisang

Pisang yang sudah masak bisa langsung disantap atau diolah menjadi beragam tipe makanan atau camilan manis yang rendah kalori dan bergizi. Namun, batasi mengkonsumsi pisang yang diolah dengan langkah digoreng, layaknya menjadikannya pisang goreng atau pisang molen.

Menggoreng bisa menyingkirkan kandungan nutrisi di di dalam pisang dan justru menambah kandungan lemak suntuk yang bisa menambah risiko Anda terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Untuk beroleh kegunaan pisang secara maksimal, Anda bisa mengolahnya dengan langkah tersebut ini:
  • Untuk mengolahnya menjadi jus atau smoothie, Anda bisa memberi tambahan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.
  • Bila mendambakan mencampurnya dengan sereal atau oatmeal, Anda bisa memberi tambahan buah-buahan lain atau kacang almond.
  • Pisang yang dihaluskan terhitung bisa dicampur ke adonan untuk membuat kue bolu.
  • Pisang terhitung bisa digunakan sebagai pengganti selai pada roti.
Untuk beroleh manfaat pisang tersebut, ada baiknya andaikata Anda terhitung mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin. 
LihatTutupKomentar