Cara Membuat Akun Blogger dan Setting Untuk Kepentingan SEO

Ingin berbagi informasi yang dapat memperoleh keuntungan dan pengunjung? Simak cara membuat akun blogger yang mudah di sini!

 cara membuat akun blogger

Unsplash.com

Banyak langkah mudah yang orang gunakan dalam mencari keuntungan. Salah satu cara mudahnya adalah memanfaatkan perangkat online.  Anda bahkan tidak harus mengeluarkan modal yang besar karena pekerjaan dapat dilakukan secara online. Dari banyaknya pilihan yang ada, banyak orang mencari cara membuat akun blogger. Hal ini untuk kepentingan berbagi informasi juga. 

Beberapa orang yang hobi menulis dan membagikan tulisan kepada orang lain dapat menggunakan cara yang satu ini juga. Anda dapat membuat blog dengan mudah dari berbagai macam perangkat. Blog merupakan situs yang digunakan banyak orang untuk menulis dan mendapatkan uang. Jadi, banyaknya pengunjung yang masuk ke akun Anda dapat memberikan keuntungan. 

Cara Membuat Akun Blogger di HP 

Anda dapat membuat akun secara gratis untuk mendapatkan keuntungan. Tentunya, ada berbagai langkah yang tepat untuk membuat blog. Anda hanya perlu memanfaatkan perangkat dasar seperti laptop atau juga ponsel untuk pembuatan akun. Semua proses dapat dilakukan dengan mudah dan juga cepat. Anda hanya perlu menggunakan beberapa langkah berikut ini dalam pembuatan akun: 

Unduh aplikasi 

Langkah mudah yang dapat Anda manfaatkan jauh lebih dulu adalah mengunduh aplikasi. Anda dapat membuat blog dari ponsel dengan mencari aplikasi dahulu. Langsung saja cari Blogger.com untuk melakukan pembuatan akun. Anda dapat menggunakan Google Play Store sebagai pilihan atau juga menggunakan tempat lain dalam pengunduhan. Misalnya, menggunakan App Store juga. 

Masukkan email 

Langkah selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan adalah memasukkan email. Alamat surel adalah hal yang penting untuk semua akun yang akan Anda buat. Begitu juga halnya dengan akun blogger.  Anda dapat menggunakan beberapa langkah mudah dengan memasukkan data akun yang sesuai. Gunakan akun email yang masih aktif untuk membuat akun yang diinginkan. 

Login akun 

Setelah melakukan pendaftaran akun menggunakan alamat email, Anda dapat menggunakan langkah selanjutnya lagi. Login saja ke dalam akun menggunakan email dan juga password yang sama dengan pendaftaran sebelumnya. Setelah masuk ke dalam akun sesuai dengan data pendaftaran, Anda dapat melakukan pengeditan. 

Edit profil

Anda dapat melanjutkan langkah dengan mengedit profil yang ada. Langkah yang satu ini dilakukan jika Anda berhasil masuk ke dalam aplikasi. Langsung saja mulai mengisi profil yang ada sesuai dengan keinginan sendiri. Anda juga dapat menggunakan arahan atau instruksi yang ada pada halaman edit profil. Jika sudah, langsung saja buat blog baru. 

Cara Buat Akun dari PC 

Tentunya, Anda juga dapat menggunakan langkah lainnya dengan memilih PC sebagai pilihan yang tepat. Anda dapat membuat akun dengan perangkat yang lebih besar dan langkahnya tidak jauh berbeda. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda gunakan dalam membuat akun: 

Buka browser 

Langkah mudah yang dapat Anda manfaatkan lebih dulu adalah membuka browser. Masukkan saja www.blogger.com pada bagian kolom alamat website. Pastikan sudah menggunakan koneksi yang lancar dalam cara membuat akun blogger.

Buat akun 

Anda dapat menekan create blog untuk membuat blog sendiri. Langsung saja buat akun menggunakan email. Anda juga dapat membuat akun baru di dalam blogspot sendiri. Data dapat dilengkapi dengan memasukkan nama dan juga password dalam pembuatan akun. 

Lengkapi profil 

Selanjutnya, langsung lengkapi profil yang ada untuk melanjutkan langkah lainnya. Anda akan langsung diarahkan untuk langsung mengisi profil. Namun, dapat diisi nanti jika belum sempat melengkapi data. 

Cara Setting Akun Blogger Mudah 

Untuk membuat settingan dalam akun blogger, Anda dapat menggunakan beberapa langkah sederhana. Pengaturan dasar tentu diperlukan dalam membuat blog. Anda dapat klik menu pengaturan yang ada di sebelah kiri bawah. Anda dapat membuat blog menjadi lebih menarik dengan menggunakan beberapa langkah berikut: 

Setelan dasar 

Dalam setelan dasar, Anda dapat melakukan setting sesuai dengan isi blog yang diinginkan. Cara ini dapat membuat mesin pencarian memahami blog Anda. Bagian judul untuk nama dari situs blog kemudian ada bagian deskripsi. Bagian tersebut bertujuan untuk penjelasan singkat terkait dengan blog. Kemudian, pilih bahasa blog dan juga atur konten dewasa sesuai dengan isi blog. 

Anda juga dapat setting ID properti google analytics sehingga dapat digunakan untuk pelacakan kepada seluruh pengguna. Dapat juga mengecek favicon yang merupakan gambar icon sebagai object visual. 

Privasi 

Cara setting akun blogger selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengatur privasi. Jika ingin blog dapat dilihat oleh banyak orang dalam pencarian google, Anda dapat langsung aktifkan saja fitur-nya.  

Publikasi 

Pengaturan selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah publikasi. Anda dapat memasukkan URL blog dalam bagian alamat blog.  Masukkan juga domain yang diinginkan untuk perubahan dalam domain kustom. Ada juga subdomain penggantian sebagai bagian tambahan dari domain utama. Ada juga alihkan domain yang berfungsi untuk mengaktifkan http atau https. 

Https 

Untuk pengaturan dalam kepentingan SEO blog, Anda dapat menggunakan https. Cara ini berguna untuk memberikan pemberitahuan aman kepada pengguna. Sementara itu, http akan memberikan pemberitahuan warning jika data yang dikirimkan kurang aman. Pengaturan seperti ini penting untuk akun blog Anda. 

Mengatur izin 

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam cara setting akun blogger adalah pengaturan izin. Anda dapat menggunakan beberapa langkah mudah dalam pengaturan. Pada bagian admin dan penulis, Anda dapat menambahkan orang. Ada juga undangan penulis tertunda untuk melihat undangan admin. Dalam pengaturan ini, Anda juga dapat mengundang lebih banyak penulis. 

Postingan 

Menu setting selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengatur postingan. Ada jumlah maksimal postingan yang dapat diatur. Anda juga dapat membuat tulisan pembuka dengan template entri. Ada juga pengaturan untuk lightbox gambar sehingga dapat tampil penuh.  Langsung saja aktifkan fitur yang satu ini. 

Komentar 

Ada setting lain yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatur blog yang ada di dalam akun. Anda dapat memilih tersemat untuk kotak komentar dalam setiap postingan. Atur juga siapa yang dapat mengomentari post Anda. Ada moderasi komentar untuk mengatur komentar langsung muncul atau melalui persetujuan Anda lebih dulu. Jangan lupa fitur captcha dan juga pesan formulir komentar. 

Email 

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah posting menggunakan email. Lebih baik jika Anda setting nonaktif. Anda juga dapat mengisi email dalam bagian pemberitahuan komentar. Jadi, semua komentar akan masuk ke dalam alamat email juga. 

Itulah cara membuat akun blogger yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Jika melakukan beberapa pengaturan dasar yang penting seperti itu, Anda dapat membuat banyak orang berkunjung. Jadi, dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dari blog. 

LihatTutupKomentar