Gigi Berlubang, Begini Cara Mengatasinya

Sakit gigi berlubang tidak cuma menyebabkan rasa tidak nyaman, tetapi juga menyebabkan hilangnya nafsu makan. Jika dibiarkan, keadaan ini mampu
Gigi Berlubang, Begini Cara Mengatasinya

Sakit gigi berlubang tidak cuma menyebabkan rasa tidak nyaman, tetapi juga menyebabkan hilangnya nafsu makan. Jika dibiarkan, keadaan ini mampu menyebabkan komplikasi berbahaya. Oleh sebab itu, gigi berlubang wajib diatasi dengan penanganan yang pas dan sesuai tingkat keparahannya.

Penyebab umum gigi berlubang adalah plak. Plak berasal berasal dari sisa makanan yang mengandung gula dan pati. Jika tidak dibersihkan, plak dapat diubah jadi asam oleh bakteri alami di di dalam mulut. Zat asam tersebut mampu merusak enamel pelindung gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Gigi Berlubang, Begini Cara Mengatasinya

Gigi berlubang sering kali tidak menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit biasanya baru terlihat disaat lubang terhadap gigi tidak dirawat, makin lama besar, dan pengaruhi saraf.

Apabila sakit akibat lubang terhadap gigi tidak langsung ditangani, perihal ini mampu menambah risiko komplikasi gigi berlubang, kalau pembentukan nanah di dalam gigi, sinusitis, apalagi infeksi yang meluas ke seluruh tubuh atau sepsis.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Ada sebagian langkah yang mampu ditunaikan untuk menangani sakit gigi berlubang, pada lain:

1. Memberikan fluoride

Jika lubang terhadap gigi tetap di dalam bagian awal dan tergolong ringan, perawatan dengan fluoride mampu dijadikan solusi untuk memperkuat dan memperbaiki enamel gigi yang rusak. Caranya adalah dengan mengoleskan fluoride di dalam bentuk cair, busa, gel, atau pasta ke gigi sepanjang sebagian menit.

Kini, nyaris seluruh pasta gigi dan obat kumur yang dijual bebas telah mengandung fluoride, sehingga langkah penanganan makin lama enteng dilakukan. Namun, kecuali tidak efektif, dokter gigi biasanya memberi tambahan pasta gigi atau obat kumur resep dengan kadar fluoride yang lebih kuat.

2. Menambal gigi

Dokter biasanya dapat menambal gigi berlubang kalau telah menyebabkan pergantian warna gigi, pergantian susunan gigi, rasa nyeri tiba-tiba tanpa sebab, serta nyeri saat konsumsi makanan dan minuman yang manis, dingin, atau panas.

Untuk menambal gigi yang berlubang, dokter dapat menyingkirkan bagian gigi yang rusak lebih pernah dengan langkah dibor. Setelah itu, gigi dapat ditambal menggunakan bahan, seperti perak, emas, resin komposit, atau porselen.

3. Menggunakan crown gigi

Untuk rusaknya gigi yang lebih kronis atau gigi rapuh, dokter biasanya dapat membuatkan crown gigi spesifik yang di letakkan di atas gigi untuk menukar seluruh mahkota alami gigi. Mahkota buatan ini mampu terbuat berasal dari emas, porselen, atau resin.

4. Melakukan perawatan saluran akar gigi

Perawatan saluran akar gigi juga mampu ditunaikan untuk menangani sakit gigi berlubang. Perawatan ini dibutuhkan kalau pembusukan telah menggapai bagian di dalam gigi atau pulpa. Perawatan saluran akar gigi ditunaikan dengan menyingkirkan pulpa gigi yang sakit.

Setelah bersih, dokter gigi mampu lakukan tambalan atau memberi tambahan crown sehingga gigi tidak wajib dicabut.

5. Mencabut gigi

Cabut gigi dibutuhkan kecuali perawatan saluran akar tidak membantu. Artinya, terhadap keadaan ini pembusukan di gigi benar-benar kronis hingga tidak mampu dipulihkan dan wajib dibuang. Gigi yang dicabut dapat meninggalkan area atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser.

Selain itu, gigi ompong atau yang telah dicabut mampu menyebabkan susah mengunyah. Oleh sebab itu, kecuali memungkinkan, direkomendasikan untuk menyebabkan bridge atau urutan gigi palsu untuk menukar gigi yang dicabut tersebut.

Untuk menghindar sakit gigi berlubang, penting untuk melindungi kebugaran gigi dengan teratur membersihkan gigi sekurang-kurangnya 2 kali sehari, kurangi makanan atau minuman manis, serta membersihkan celah gigi dengan benang gigi secara rutin.

Selain itu, jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan ke dokter gigi sekurang-kurangnya tiap-tiap 2 tahun sekali untuk orang dewasa dan setahun sekali untuk anak-anak. 
LihatTutupKomentar