Trik Instagram

9 Trik rahasia Instagram (IG) yang wajib kamu tahu, biar kekinian

9 Trik Instagram

Mengaktifkan Notifikasi dari Akun Favorit

Keuntungan Mengaktifkan Notifikasi

- Dapat melihat postingan terbaru dari akun favorit secara langsung

- Mengikuti perkembangan terkini dari akun yang kamu minati

- Tidak ketinggalan informasi atau konten yang penting

Cara Mengaktifkan Notifikasi dari Akun Favorit

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan notifikasi dari akun favorit di Instagram:

1. Mengaktifkan Notifikasi melalui Postingan Akun

- Cari akun yang ingin kamu ikuti di Instagram

- Klik titik tiga yang terletak di pojok kanan atas postingan akun tersebut

- Pilih "Turn On Post Notification" untuk menghidupkan notifikasi postingan dari akun tersebut

2. Mengaktifkan Notifikasi melalui Profil Akun

- Masuk ke profil akun yang ingin kamu ikuti di Instagram

- Klik titik tiga yang terletak di pojok kanan atas

- Pilih "Manage Notification" untuk mengatur notifikasi dari akun tersebut

Dengan mengaktifkan notifikasi dari akun favorit di Instagram, kamu tidak akan melewatkan informasi atau postingan terbaru dari mereka. Kamu akan selalu update dengan konten terkini yang mereka bagikan.

Tidak hanya itu, dengan mengaktifkan notifikasi, kamu juga bisa lebih aktif berinteraksi dengan akun favoritmu. Kamu bisa cepat memberikan like atau komentar pada postingan mereka, sehingga kamu bisa tetap terhubung dengan mereka secara lebih dekat.

Jadi, jangan ragu untuk mengaktifkan notifikasi dari akun favorit di Instagram kamu. Dengan begitu, kamu bisa tetap up to date dengan konten terbaru yang mereka bagikan dan tetap terhubung dengan mereka di platform media sosial yang satu ini.

Menggunakan Fitur Dark Mode

Manfaat Menggunakan Fitur Dark Mode

Fitur Dark Mode memungkinkan pengguna Instagram untuk mengganti tampilan latar belakang aplikasi menjadi gelap. Banyak pengguna yang menyukai fitur ini karena memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman saat menggunakan Instagram, terutama pada malam hari atau dalam kondisi temaram. Selain itu, pengguna Dark Mode juga mengklaim bahwa baterai mereka lebih hemat karena penggunaan layar dengan tingkat kecerahan yang lebih rendah.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode

Untuk mengaktifkan Fitur Dark Mode di Instagram, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Perbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru.

  2. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke pengaturan.

  3. Pilih opsi "Tampilan" atau "Tampilan dan kecerahan".

  4. Cari opsi "Dark Mode" atau "Mode Gelap".

  5. Aktifkan opsi "Dark Mode" atau "Mode Gelap" dengan menggeser tombol ke posisi aktif.

Sekarang pengguna telah berhasil mengaktifkan Fitur Dark Mode di Instagram. Pengguna dapat langsung melihat perubahan tampilan dengan latar belakang yang menjadi gelap.


Menyembunyikan Aktivitas Online

Kelebihan Menyembunyikan Aktivitas Online

Menyembunyikan aktivitas online di Instagram memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu manfaatkan, antara lain:

  • Privasi terjaga: Dengan menyembunyikan aktivitas online, kamu dapat menjaga privasi dan menghindari orang lain yang ingin tahu kapan kamu online atau sedang menggunakan Instagram.

  • Mengurangi tekanan sosial: Terkadang, ketika orang lain melihat jika kamu online namun tidak merespon pesan atau story mereka, bisa membuat tekanan sosial. Dengan menyembunyikan aktivitas online, kamu bisa menghindari situasi tersebut dan mengurangi tekanan dari orang lain.

  • Menjaga waktu penggunaan: Dengan tidak terlihat online, kamu bisa fokus pada aktivitas lain tanpa terganggu oleh notifikasi atau pesan dari Instagram. Hal ini membantu kamu untuk lebih produktif dan mengatur waktu penggunaan Instagram dengan lebih baik.

Cara Menyembunyikan Aktivitas Online

Untuk menyembunyikan aktivitas online di Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun kamu.

  2. Tap pada foto profil di pojok kanan bawah layar.

  3. Pilih "Pengaturan" di bagian atas.

  4. Pilih opsi "Privasi" di bagian bawah menu Pengaturan.

  5. Scroll ke bawah dan pilih "Aktivitas Aktif".

  6. Matikan opsi "Aktivitas Aktif" dengan menggeser tombol ke posisi off.

Setelah kamu mematikan opsi "Aktivitas Aktif", aktivitas online kamu tidak akan terlihat oleh orang lain meskipun kamu sedang menggunakan Instagram. Namun, kamu juga tidak akan dapat melihat aktivitas online dari pengguna lain.


Mengatur Privasi dan Keamanan Akun

Pentingnya Mengatur Privasi dan Keamanan Akun

Mengatur privasi dan keamanan akun di Instagram sangat penting untuk menjaga informasi pribadi agar tetap aman dan terhindar dari penyalahgunaan. Dengan mengatur privasi dan keamanan akun dengan baik, pengguna dapat mengendalikan siapa yang dapat melihat konten mereka, mengontrol siapa yang dapat mengirim pesan atau mengikuti mereka, serta menghindari akun palsu dan penipuan.

Tips Mengatur Privasi dan Keamanan Akun

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur privasi dan keamanan akun di Instagram:

  • Mengatur akun menjadi pribadi: Pengguna dapat mengubah pengaturan akun menjadi pribadi sehingga hanya pengikut yang disetujui yang dapat melihat konten pengguna.

  • Mengendalikan siapa yang dapat mengirim pesan: Pengguna dapat membatasi siapa yang dapat mengirim pesan ke akun mereka dengan mengatur pengaturan pesan di Menu Pengaturan.

  • Memfilter komentar: Pengguna dapat mengaktifkan pengaturan komentar yang memungkinkan mereka untuk menyaring atau memblokir komentar yang tidak diinginkan di postingan mereka.

  • Menggunakan otentikasi dua faktor: Pengguna dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor dengan menghubungkan nomor telepon mereka ke akun Instagram. Ini akan menambah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akun dari akses yang tidak sah.

  • Menjaga kata sandi yang kuat: Menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak adalah langkah penting dalam menjaga keamanan akun Instagram.

  • Mengecek pengaturan aplikasi terhubung: Pengguna perlu secara teratur memeriksa pengaturan aplikasi terhubung di Instagram untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang tidak sah yang terhubung ke akun mereka.

Dengan mengikuti tips ini, pengguna dapat meningkatkan privasi dan keamanan akun Instagram mereka secara signifikan. Penting untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melindungi informasi pribadi dan menghindari penyalahgunaan di platform media sosial.


Mengatur Privasi dan Keamanan Akun

Pentingnya Mengatur Privasi dan Keamanan Akun

Mengatur privasi dan keamanan akun di Instagram sangat penting untuk menjaga informasi pribadi agar tetap aman dan terhindar dari penyalahgunaan. Dengan mengatur privasi dan keamanan akun dengan baik, pengguna dapat mengendalikan siapa yang dapat melihat konten mereka, mengontrol siapa yang dapat mengirim pesan atau mengikuti mereka, serta menghindari akun palsu dan penipuan.

Tips Mengatur Privasi dan Keamanan Akun

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur privasi dan keamanan akun di Instagram:

- Mengatur akun menjadi pribadi: Pengguna dapat mengubah pengaturan akun menjadi pribadi sehingga hanya pengikut yang disetujui yang dapat melihat konten pengguna.

- Mengendalikan siapa yang dapat mengirim pesan: Pengguna dapat membatasi siapa yang dapat mengirim pesan ke akun mereka dengan mengatur pengaturan pesan di Menu Pengaturan.

- Memfilter komentar: Pengguna dapat mengaktifkan pengaturan komentar yang memungkinkan mereka untuk menyaring atau memblokir komentar yang tidak diinginkan di postingan mereka.

- Menggunakan otentikasi dua faktor: Pengguna dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor dengan menghubungkan nomor telepon mereka ke akun Instagram. Ini akan menambah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akun dari akses yang tidak sah.

- Menjaga kata sandi yang kuat: Menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak adalah langkah penting dalam menjaga keamanan akun Instagram.

- Mengecek pengaturan aplikasi terhubung: Pengguna perlu secara teratur memeriksa pengaturan aplikasi terhubung di Instagram untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang tidak sah yang terhubung ke akun mereka.

Dengan mengikuti tips ini, pengguna dapat meningkatkan privasi dan keamanan akun Instagram mereka secara signifikan. Penting untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melindungi informasi pribadi dan menghindari penyalahgunaan di platform media sosial.

Membuat dan Menggunakan Highlight di Profil

Keuntungan Membuat dan Menggunakan Highlight

Highlight adalah fitur di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan cerita-cerita yang telah berakhir dan ingin tetap ditampilkan di profil mereka. Dengan membuat dan menggunakan highlight, pengguna dapat menampilkan momen-momen spesial, konten promosi, atau informasi penting bagi pengikut mereka. Berikut adalah beberapa keuntungan membuat dan menggunakan highlight di profil:

- Meningkatkan daya tarik profil: Highlight memberikan tampilan yang lebih menarik pada profil pengguna, sehingga pengunjung profil lebih tertarik untuk melihat lebih banyak konten yang telah disimpan.

- Memudahkan akses ke konten berharga: Dengan menggunakan highlight, pengguna dapat menyimpan dan menyajikan konten berharga yang ingin mereka tampilkan kepada pengikut mereka. Hal ini memudahkan pengikut untuk mengakses dan menikmati kembali konten tersebut.

- Memperkuat branding: Highlight dapat digunakan untuk memperkuat branding personal atau bisnis pengguna. Dengan mengatur highlight sesuai dengan tema atau topik tertentu, pengguna dapat memperkuat pesan atau identitas merek mereka.

Cara Membuat dan Menggunakan Highlight di Profil

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat dan menggunakan highlight di profil:

1. Buka profil Anda di Instagram dan ketuk ikon highlight di bawah bio Anda.

2. Ketuk tombol "Tambah" atau "+" untuk membuat highlights baru.

3. Pilih cerita yang ingin Anda tambahkan ke highlight tersebut.

4. Beri judul highlight sesuai dengan tema atau topik cerita yang Anda tambahkan.

5. Tambahkan cerita lain yang ingin Anda masukkan ke highlight tersebut.

6. Atur urutan highlight sesuai keinginan Anda dengan menggeser highlight secara horizontal.

7. Setelah Anda selesai membuat highlight, ketuk tombol "Selesai".

Sekarang highlight Anda akan ditampilkan di profil Anda. Anda dapat menambah, mengedit, atau menghapus highlight kapan saja sesuai keinginan Anda.

Membuat dan menggunakan highlight di profil Instagram dapat memberikan pengalaman yang lebih menarik dan mudah bagi pengikut Anda. Jangan ragu untuk mencoba fitur ini dan eksplorasi kreativitas Anda dalam membuat highlight yang menarik dan informatif.

Menggunakan Fitur Close Friends

Manfaat Menggunakan Fitur Close Friends

Fitur Close Friends di Instagram memungkinkan pengguna untuk membuat daftar teman-teman dekat mereka. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat cerita yang mereka bagikan di Instagram. Beberapa manfaat penggunaan fitur Close Friends adalah:

  • Mempertahankan privasi: Pengguna dapat memilih dengan siapa mereka ingin berbagi cerita mereka. Dengan menyaring daftar teman menjadi Close Friends, pengguna dapat memastikan bahwa hanya teman dekat mereka yang dapat melihat cerita tersebut.

  • Memiliki ruang eksklusif: Fitur Close Friends memungkinkan pengguna untuk berbagi cerita yang lebih pribadi dengan teman-teman dekat mereka. Ini memberikan pengalaman yang lebih intim dan memungkinkan pengguna untuk berbagi hal-hal yang mungkin tidak mereka bagikan dengan semua pengikut mereka.

  • Memperkuat hubungan: Dengan memilih teman-teman dekat sebagai Close Friends, pengguna dapat memberikan perhatian khusus kepada mereka dan memperkuat ikatan persahabatan mereka. Ini adalah cara yang baik untuk merawat hubungan dan menunjukkan bahwa mereka adalah orang penting bagi pengguna.

Cara Menggunakan Fitur Close Friends

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur Close Friends di Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.

  2. Tap ikon profil di kanan bawah layar.

  3. Tap ikon garis tiga di kanan atas layar untuk membuka menu.

  4. Pilih "Close Friends" dari daftar menu.

  5. Tap "Tambahkan" untuk memilih teman-teman yang ingin Anda masukkan ke dalam daftar Close Friends Anda.

  6. Setelah Anda menambahkan teman-teman, tap "Selesai".

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mulai menggunakan fitur Close Friends dengan cara berbagi cerita ke daftar Close Friends Anda. Hanya teman-teman yang Anda pilih yang dapat melihat cerita tersebut.

Dengan menggunakan fitur Close Friends, pengguna Instagram dapat lebih memperhatikan privasi dan eksklusivitas cerita mereka, serta memperkuat hubungan dengan teman-teman dekat mereka. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga batasan antara kehidupan pribadi dan kehidupan sosial online. Cobalah fitur Close Friends sekarang dan nikmati manfaatnya!


Menggunakan Fitur Auto-Play Video

Trik selanjutnya yang wajib kamu tahu adalah fitur Auto-Play Video di Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis memutar video saat menjelajahi feed Instagram. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menonton video tanpa harus mengklik atau menekan tombol play.

Kelebihan Menggunakan Fitur Auto-Play Video

  • Menyajikan konten yang lebih menarik: Fitur Auto-Play Video membuat pengguna dapat langsung melihat video saat mereka menggulir feed Instagram. Ini memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan membuat konten video lebih mudah ditemukan dan ditonton oleh pengguna.

  • Menghemat waktu: Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu mengklik atau menekan tombol play untuk menonton video. Mereka dapat langsung melihat video saat menggulir feed, sehingga menghemat waktu dan usaha dalam menonton video.

Cara Menggunakan Fitur Auto-Play Video

Untuk menggunakan fitur Auto-Play Video di Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.

  2. Buka pengaturan akun dengan mengeklik ikon profil di kanan bawah layar.

  3. Ketuk ikon tiga garis di kanan atas layar untuk membuka menu.

  4. Gulir ke bawah dan pilih "Pengaturan".

  5. Pilih "Keamanan" dan kemudian "Data Seluler Penggunaan" atau "Pemakaian Data Seluler" tergantung pada versi aplikasi.

  6. Aktifkan opsi "Auto-Play Video" dengan menggeser tombol ke posisi "Aktif".

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, fitur Auto-Play Video akan diaktifkan di akun Instagram Anda. Anda dapat mulai menikmati menonton video secara otomatis saat menjelajahi feed Instagram.

Dengan menggunakan fitur Auto-Play Video di Instagram, pengguna dapat lebih mudah menemukan dan menonton konten video yang menarik. Fitur ini juga membantu menghemat waktu dalam menonton video. Aktifkan fitur Auto-Play Video sekarang dan nikmati pengalaman menonton yang lebih baik di Instagram!


Memanfaatkan Fitur Instagram Stories

Manfaat Memanfaatkan Fitur Instagram Stories

Memanfaatkan fitur Instagram Stories merupakan salah satu trik rahasia yang dapat membuat akun Instagram kamu semakin kekinian. Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi momen sehari-hari dalam bentuk foto atau video yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Beberapa manfaat dari memanfaatkan fitur Instagram Stories adalah:

  • Tampilan yang menarik: Dengan fitur ini, kamu dapat mengunggah foto atau video dengan filter dan efek menarik. Hal ini akan membuat tampilan story kamu menjadi lebih menarik dan eye-catching bagi pengikutmu.

  • Peningkatan interaksi: Fitur Instagram Stories dapat meningkatkan interaksi dengan pengguna lain. Kamu bisa menggunakan fitur tanya jawab, polling, atau slider untuk membuat pengikutmu berpartisipasi dan memberikan tanggapan.

  • Konten yang sementara: Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi momen-momen sehari-hari secara spontan dan tidak permanent. Kamu tidak perlu khawatir tentang konten-konten tersebut menyita ruang di profilmu karena akan hilang setelah 24 jam.

Tips Memanfaatkan Fitur Instagram Stories

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memanfaatkan fitur Instagram Stories dengan lebih baik:

  • Menggunakan stiker: Tambahkan stiker seperti lokasi, tagar, atau gif pada storymu untuk menarik perhatian pengikutmu dan membuat isi cerita lebih menarik.

  • Menggunakan filter: Instagram menyediakan berbagai macam filter yang dapat kamu gunakan untuk membuat tampilan foto atau video storymu lebih menarik dan konsisten.

  • Berbagi momen unik: Gunakan fitur ini untuk berbagi momen-momen unik atau pembelajaran sehari-hari. Hal ini akan membuat pengikutmu lebih tertarik dan terhubung denganmu.

  • Strategi promosi: Gunakan fitur Instagram Stories untuk promosi produk atau konten kamu. Kamu bisa menambahkan link langsung ke dalam storymu atau menggunakan fitur swipe up jika sudah memenuhi syarat.

  • Menampilkan konten eksklusif: Gunakan fitur Close Friends yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk menampilkan konten eksklusif kepada teman-teman dekatmu. Ini dapat meningkatkan rasa keterikatan dan eksklusivitas antara kamu dan pengikutmu.


Pemanfaatan Fitur Instagram Stories

Instagram Stories

Manfaat Memanfaatkan Fitur Instagram Stories

Memanfaatkan fitur Instagram Stories merupakan salah satu trik rahasia yang dapat membuat akun Instagram kamu semakin kekinian. Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi momen sehari-hari dalam bentuk foto atau video yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Beberapa manfaat dari memanfaatkan fitur Instagram Stories adalah:

  • Tampilan yang menarik: Dengan fitur ini, kamu dapat mengunggah foto atau video dengan filter dan efek menarik. Hal ini akan membuat tampilan story kamu menjadi lebih menarik dan eye-catching bagi pengikutmu.

  • Peningkatan interaksi: Fitur Instagram Stories dapat meningkatkan interaksi dengan pengguna lain. Kamu bisa menggunakan fitur tanya jawab, polling, atau slider untuk membuat pengikutmu berpartisipasi dan memberikan tanggapan.

  • Konten yang sementara: Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi momen-momen sehari-hari secara spontan dan tidak permanen. Kamu tidak perlu khawatir tentang konten-konten tersebut menyita ruang di profilmu karena akan hilang setelah 24 jam.

Tips Memanfaatkan Fitur Instagram Stories

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memanfaatkan fitur Instagram Stories dengan lebih baik:

  • Menggunakan stiker: Tambahkan stiker seperti lokasi, tagar, atau gif pada storymu untuk menarik perhatian pengikutmu dan membuat isi cerita lebih menarik.

  • Menggunakan filter: Instagram menyediakan berbagai macam filter yang dapat kamu gunakan untuk membuat tampilan foto atau video storymu lebih menarik dan konsisten.

  • Berbagi momen unik: Gunakan fitur ini untuk berbagi momen-momen unik atau pembelajaran sehari-hari. Hal ini akan membuat pengikutmu lebih tertarik dan terhubung denganmu.

  • Strategi promosi: Gunakan fitur Instagram Stories untuk promosi produk atau konten kamu. Kamu bisa menambahkan link langsung ke dalam storymu atau menggunakan fitur swipe up jika sudah memenuhi syarat.

  • Menampilkan konten eksklusif: Gunakan fitur Close Friends yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk menampilkan konten eksklusif kepada teman-teman dekatmu. Ini dapat meningkatkan rasa keterikatan dan eksklusivitas antara kamu dan pengikutmu.