5 Aplikasi Mockup Website untuk Web Designer

Bagi para web developer, membuat mockup website adalah suatu tahap yang penting dilakukan. Proses ini bermanfaat untuk merancang unsur konseptual dala

Bagi para web developer, membuat mockup website adalah suatu tahap yang penting dilakukan. Proses ini bermanfaat untuk merancang unsur konseptual dalam pengembangan website yang sedang dibuat.

Kini, ada banyak aplikasi mockup web yang memudahkan para developer untuk membuat mockup. Di artikel kali ini, Dewaweb sudah mengumpulkan aplikasi website mockup terbaik yang bisa kamu coba. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Apa itu Mockup?

Sebelum masuk ke rekomendasi aplikasi website mockup, mari bahas secara singkat apa itu mockup.

Sederhananya, mockup adalah rancangan desain website yang mengandung elemen visual, seperti gambar, warna, dan tipografi. Dalam proses pembuatan website atau aplikasi, ada beberapa tahap perancangan yang dilakukan web developer, yakni Sketch, Wireframe, Mockup dan Prototype.

Jika di tahap Wireframe, desain website masih berupa outline sketsa, pada tahap Mockup, kamu sudah bisa melihat visualisasi website yang dirancang secara nyata. Dengan begitu, mockup memudahkan dalam penilaian terhadap desain visual website/aplikasi sebelum diluncurkan.

Sudah penasaran, aplikasi website mockup apa saja yang bagus untuk menunjang perancangan website? Tenang saja, berikut ini Dewaweb akan berikan daftar beserta ulasannya untukmu. Simak sampai selesai ya!

Aplikasi Mockup Website Terbaik

Berikut rekomendasi aplikasi web mockup terbaik yang bisa kamu coba. Beberapa aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat wireframe, mockup, dan prototype sekaligus. Cek rekomendasi ini ya:

1. Figma

Salah satu aplikasi mockup website yang jadi rekomendasi adalah Figma. Figma cukup populer digunakan para web developer ataupun UI/UX designer. Aplikasi ini tersedia secara online dan bisa diakses melalui browser oleh penggunanya.

Selain sebagai aplikasi mockup, kamu juga bisa memanfaatkan Figma untuk prototyping. Desainnya intuitif dan mudah digunakan bagi pemula. Figma memiliki fitur kolaborasi, sehingga kamu bisa dengan mudah membagikan desain mockup melalui tautan dan memberikan feedback secara langsung dengan sesama tim.

Fitur:

  • Real-time collaboration
  • Export mockup dalam format JPG., PNG., SPV., dan PDF.
  • Drag and drop
  • Integrasi dengan situs stok foto Unsplash
  • Gratis 3 project, unlimited storage

2. Balsamiq

Balsamiq merupakan aplikasi mockup web berbasis cloud yang andal. Aplikasi ini bisa dijalankan pada Windows, Mac OS, dan Linux.Selain itu, aplikasi ini telah terintegrasi dengan Google Drive, Confluence dan Jira.

Bagi pemula, kamu bisa membuat wireframe dan mockup dengan Balsamiq karena tampilannya yang intuitif. Balsamiq memiliki fitur collaborative editing sehingga mempermudah kerjasama antar tim.

Fitur:

  • Free trial 30 hari
  • Antarmuka editor yang intuitif
  • Collaborative editing
  • Drag and drop

3. UXPin


Baik bagi pemula maupun profesional, UXPin bisa digunakan sebagai aplikasi situs mockup andalan. UXPin tersedia dalam versi desktop maupun web-based app. Sama seperti Balsamiq dan Figma, aplikasi ini juga memiliki fitur real-time collaboration.

Tampilannya sederhana dan penggunaannya cukup mudah. UXPin juga mendukung komponen Bootstrap, Foundation, iOS dan Android. Selain itu, ada fitur live presentation untuk mempresentasikan hasil mockup.

Fitur:

  • Drag and drop
  • Real-time collaboration, live presentation
  • Dapat di-export ke Photoshop atau Sketch
  • Free trial 14 hari

4. Proto

Alternatif lainnya, kamu bisa gunakan Proto sebagai aplikasi untuk membuat mockup dan prototype. Proto unggul dengan tersedianya template yang akan mempermudah pembuatan mockup website. Kustomisasinya pun cukup mudah sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan.

Dengan fitur Asset Manager-nya, kamu bisa mudah mengatur aset yang digunakan beserta fitur sinkronisasi otomatis DropBox. Kalau lebih nyaman bekerja dengan mode gelap, tinggal aktifkan fitur dark theme di Proto.

Fitur:

  • Free trial 15 hari
  • Menyediakan wireframe gratis
  • Terintegrasi dengan Google Font dan Adobe Font
  • Mendukung fitur export ke HTML, PNG dan PDF serta One-Click untuk versi berbayar

5. Pidoco

Pidoco adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat mockup dan prototype. Aplikasi ini tersedia di browser dan disediakan secara online. Di dalamnya ada fitur reusable component untuk menghemat waktu pengerjaan. Pidoco memungkinkanmu mengekspor hasil desain ke dalam bentuk PDF, PNG, SVG, HTML dan RTF.

Kamu bisa dengan mudah berkolaborasi antar tim berkat fitur collaboration-nya. Selain itu, Pidoco dilengkapi dengan fitur mobile simulation untuk mencoba hasil desain kamu di perangkat mobile Android dan iOS.

Fitur:

  • Gratis 1 project dengan watermark
  • Fitur reusable component
  • Fitur kolaborasi
  • Mobile simulation

Penutup

Itu dia aplikasi website mockup terbaik yang bisa kamu coba. Di dalamnya lengkap dengan fitur dan keunggulan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola project mockup website.

Rekomendasi aplikasi di atas sudah pasti andal dan mampu membantu proses perancangan mockup website. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses online!




LihatTutupKomentar