Cara Cek DA PA Blog & Cara Meningkatkannya Dengan Cepat

Melakukan cek DA PA blog atau website secara rutin itu perlu. DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) merupakan indikator yang berfungsi untuk memudahkan pengguna meninjau performa website secara keseluruhan.


Harapannya setelah Anda cek DA PA dan tahu skornya, Anda bisa punya peluang untuk meningkatkan ranking website.

Tetapi, bagaimana cara meningkatkan skor DA dan PA? Apakah keduanya benar-benar memiliki pengaruh untuk menaikkan ranking di mesin pencari? 

Nah, artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Kami akan membahas beberapa hal dari: pengertian DA dan PA, cara cek DA PA dan berbagai faktor penentu skor DA PA blog atau website. Yuk, langsung simak! 

Apa itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)?

Domain Authority (DA) merupakan angka atau skor yang dikembangkan oleh Moz — salah satu tools SEO populer — untuk memprediksi peluang ranking website di mesin pencari. Skala ini terhitung dari angka dari 1 hingga 100. 

Semakin tinggi skor DA suatu website, semakin tinggi pula kesempatan website tersebut untuk berada di posisi teratas mesin pencari.

Namun, bukan berarti DA jadi satu-satunya faktor penentu ranking website di Google. Skor DA itu cuma prediksi dan bukan metrik yang resmi digunakan Google untuk menentukan ranking website (penjelasan detail soal ini, Anda bisa lihat di bagian faktor penentu skor DA).

Di samping Domain Authority, Anda juga harus peduli dengan yang namanya skor Page Authority (PA). Page Authority adalah skor yang juga dikembangkan oleh Moz untuk menunjukkan peluang ranking halaman website di mesin pencari. 

Skala dari skor PA juga berlaku antara 1 hingga 100, sama dengan skor pada DA. Semakin tinggi angka skor, semakin tinggi pula peluang halaman website bisa berada di peringkat tinggi mesin pencari.

Dengan tau skor PA, Anda pun bisa mengevaluasi bagian konten mana saja yang perlu ditingkatkan kualitasnya agar bisa mengungguli milik kompetitor. 

Bagaimana Cara Cek DA PA Blog dan Website?

Untuk bisa mengetahui berapa skor DA PA bukanlah hal yang sulit. Sebab, Anda bisa tinggal ikuti panduan cek DA PA blog dan website dari kami di bawah ini. 

  • Untuk bisa cek DA PA, Anda perlu mengunjungi link tools Moz di https://analytics.moz.com/
  • Masukkan alamat website atau blog pada kolom analisis.
  • Setelah itu, Anda akan ditampilkan kolom overview yang berisi skor DA, Linking Domains, Inbound Links dan Ranking Keywords. 
  • Jika ingin melihat skor PA, klik Compare Link Profiles di menu sidebar kiri.

Lalu, klik Exact Page untuk cek DA PA sekaligus.


Faktor Penentu Skor Domain Authority

Perlu diketahui bahwa terdapat sekitar 40 lebih faktor untuk Moz menentukan skor DA pada suatu website. Sedangkan Google memiliki lebih dari 200 faktor untuk menentukan ranking website.

Selain itu, definisi dari setiap skor juga sangat relatif. Tidak ada penjelasan akurat yang mengatakan skor 30, 50, 70 dan seterusnya, adalah skor yang baik atau buruk.

Meskipun terdapat 40 lebih faktor penentu skor Domain Authority, tapi ada beberapa faktor di antaranya yang paling berpengaruh, yaitu: 

  • Backlinks yang berkualitas – satu backlink dari website populer jauh lebih unggul ketimbang dua backlink dari website berkualitas rendah. Jadi, pastikan Anda tidak hanya memperhitungkan dari segi kuantitas / jumlah backlink. Tapi juga kualitasnya.
  • Jumlah referring domain yang tinggi – mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda akan lebih menunjang skor DA — daripada memperoleh banyak jumlah backlink dari website yang sama.
  • Kualitas konten – konten merupakan faktor utama dari SERP. Jadi, tidaklah heran mengapa kualitas konten pada website juga mempengaruhi skor pada DA.
  • Social signals – Domain Authority menilai popularitas website melalui social signals atau engagements seperti jumlah share, like dan comment. 
  • Search Engine Friendliness – Search Engine Friendliness adalah kualitas struktur keseluruhan website. Faktor ini penting dalam pemberian skor DA. Ia akan menilai apakah penggunaan website bersifat user friendly atau tidak.

Nah, setelah Anda tahu beberapa faktor DA yang paling berpengaruh, mungkin pertanyaan Anda selanjutnya adalah: Apakah Domain Authority tetap penting bagi website?

Penting. Sebab, Domain Authority diciptakan sebagai metrik pembanding antara kualitas website Anda dengan website kompetitor. Artinya, jika skor DA Anda lebih rendah, gunakan hasilnya untuk bahan evaluasi agar kualitas website Anda bisa lebih ditingkatkan. 

Lakukan analisis dari berbagai sisi. Misalnya dari segi inbound links, backlinks, kecepatan website, CTR (Click Through Rate), popularitas domain, dan sebagainya. Dengan kualitas website yang semakin meningkat, peluang untuk menduduki peringkat teratas di mesin pencari pun akan semakin besar.

10 Tips Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Tidak mudah untuk bisa menaikkan skor Domain Authority dan Page Authority dalam waktu singkat. Hal ini memang disengaja — mengingat persaingan SERP Google yang memang sulit diprediksi dan kompetitif. 

Oleh karena itu, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengupdate SEO website secara keseluruhan; baik off-page maupun on-page. Berikut adalah beberapa tips kami untuk meningkatkan skor DA dan PA pada website: 

1. Optimasi SEO On-Page

Optimasi SEO on-page merupakan fondasi untuk memiliki website yang berkualitas. Dan tentunya, ia juga menjadi pendukung Google untuk menaruh domain Anda pada posisi teratas di mesin pencari.

Sebab, optimasi SEO on-page akan memudahkan Google untuk memahami website Anda dan isi didalamnya —  apakah sudah relevan dengan permintaan user atau belum.  

Sebagian dari Anda mungkin sudah cukup familiar dengan seluruh faktor dari SEO on-page. Namun, kami akan meng-highlight faktor apa saja yang menjadi pemeran utama, yaitu: 

  • Update konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengguna.
  • Optimasi judul, meta tags, meta title dan description.
  • Headings dan subheadings yang terstruktur (H1, H2, H3 dan seterusnya) pada setiap konten.
  • Penggunaan keyword senatural mungkin dan menghindari keyword stuffing.
  • Optimasi video, foto dan media lainnya di setiap konten.
  • Menambahkan internal links ke halaman lain.
  • Permalink yang sederhana.

2. Optimasi SEO Off-Page

Jika on-page memaksimalkan hal-hal di internal (di dalam website), off-page lebih mengutamakan hal-hal secara eksternal (di luar website). Sama dengan on-page, SEO off-page memiliki berbagai faktor yang tidak hanya berkutat pada soal link building. 

Apa itu link building? Link building adalah teknik untuk mendapatkan backlinks. Atau sederhananya adalah website lain yang mengarahkan link ke website Anda. 

Namun selain link building, banyak faktor penting lainnya yang menunjang kualitas SEO off-page seperti;  listing bisnis, brand mention di media online, review, dan engagement di media sosial. 

Side note: Sia-sia kalau Anda sudah susah payah mengoptimasi on-page, tapi tidak melakukan apa-apa pada off-page. Seperti memakai sepatu. Tidak mungkin kan Anda hanya menggunakan sebelah kiri saja untuk berjalan? Begitupun dengan SEO on-page dan off-page, yang keduanya harus dilakukan secara beriringan. 

3. Optimasi Technical SEO

Technical SEO merupakan pondasi dari keberhasilan SEO on-page dan off-page. Secara umum, technical SEO mengacu pada  struktur dasar website. Seandainya struktur website Anda sudah cukup rapi, otomatis search engine bots akan lebihi mudah meng-crawling website Anda. 

Crawling atau web crawling itu sendiri merupakan proses pengindeksan website untuk menunjang visibilitas website di mesin pencari. Jadi, ketika pengguna memasukkan keyword tertentu yang berkaitan dengan konten Anda, maka halaman / website Anda akan tampil di mesin pencari. 

Optimasi technical SEO begitu penting. Dan mencakup aspek yang sangat luas. Namun kali ini, kami akan menyebutkan beberapa saja yang sekiranya paling berpengaruh pada DA dan ranking, yaitu:

1. Daftarkan Website Anda ke Google Search Console 

Google Search Console adalah tools gratis dari Google yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari agar bisa terindeks.

Ketika Anda siap untuk meluncurkan website Anda, Anda harus mengirimkan sitemap XML ke Google Search Console. Supaya ia bisa dengan mudah meng-crawling situs baru Anda dan menampilkannya di hasil pencarian. 

2. Buat Sitemap XML 

Seperti yang dikatakan poin sebelumnya, Anda perlu mengirimkan sitemap XML ke Google Search Console untuk bisa terindeks. Lalu, apa itu sitemap XML? Sitemap XML merupakan daftar halaman website berformat XML yang dapat terbaca oleh mesin pencari untuk diakses oleh pengguna.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Bisa dengan menggunakan bantuan plugin WordPress dengan Yoast SEO atau plugin Google XML.

3. Atasi Masalah Duplikat Konten

Bila Anda memiliki konten yang serupa di beberapa halaman website Anda, ini disebut sebagai duplikat konten. Duplikat konten harus dihindari karena dapat membuat mesin pencari kebingungan — mana konten yang harus dinaikkan peringkatnya. 

Alhasil, kondisi seperti ini akan mempengaruhi performa halaman Anda di mesin pencari dan juga performa SEO. Tetapi, Anda tidak perlu memblok atau menghapusnya. Anda bisa membuat canonical link untuk membedakan mana konten asli dan mana yang ingin ditingkatkan di mesin pencari.

4. Pasang SSL (Secure Sockets Layer)

Mesin pencari tentu ingin membuat penggunanya selalu merasa aman sangat mengakses website. Itulah mengapa, pentingnya Anda untuk memasang SSL (Secure Sockets Layer). SSL merupakan sertifikasi keamanan website, yang ditandai dengan perubahan pada URL. 


Kalau sebelum pemasangan URL Anda diawali “HTTP”, ketika SSL dipasang maka URL akan berubah menjadi “HTTPS”. Selain memberikan jaminan keamanan seperti menghindari pencurian data / salah kirim data — SSL juga bisa meningkatkan reputasi website Anda di mata Google.

5. Aktifkan Google AMP

AMP (Accelerate Mobile Pages) merupakan teknologi untuk mempercepat load halaman website di perangkat mobile. Ia bekerja dengan tiga komponen yaitu AMP HTML, AMP JavaScript, dan AMP Cache.  

Masing-masingnya mempunyai peran untuk menekan faktor-faktor yang membuat load website menjadi lambat. Akan tetapi, AMP hanya bisa diaktifkan pada beberapa jenis konten saja. Khususnya konten statis seperti artikel atau berita. Namun meski begitu, fungsinya sangat penting untuk meningkatkan performa SEO secara keseluruhan.

Karena load website yang cepat, kemungkinan besar semakin banyak pengguna yang akan membaca dan membagikan konten Anda. Otomatis, ranking halaman Anda pun berkesempatan untuk naik di mesin pencari. Biasanya website yang mengaktifkan Google AMP juga memiliki tanda petir seperti ini.

4. Buat Website Mobile-Friendly

Punya website yang mobile-friendly sekarang bukan sekedar pilihan, tapi wajib. Mengapa? Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Jumlah pengguna yang mengakses internet dari mobile lebih besar dibandingkan dari desktop.
  • Google memprioritaskan indexing website versi mobile, sehingga akan sulit terindeks bagi website yang tidak mobile-friendly.
  • Berpengaruh pada ranking di mesin pencari. 
  • Website dengan versi non mobile-friendly akan berdampak pada skor DA. Ini dipicu oleh perintah Google bahwa mobile-friendly adalah persyaratan penting pada ranking website.

Ada banyak macam cara untuk membuat website Anda mobile-friendly. Mulai dari pemilihan tema, penggunaan font, mengoptimasi gambar, mengurangi pop-up, dan lain-lain.

5. Tingkatkan Kecepatan Halaman Website

Salah satu faktor penentu ranking pada di Google adalah page speed atau kecepatan halaman website. Faktor ini pun sudah diterapkan Google sejak tahun 2010. Untuk mengecek kecepatan website Anda,  Google menyediakan sebuah tool yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk evaluasi Anda, yaitu PageSpeed Insights tool.

Hanya dengan menaruh link website/blog Anda di analysis box, tools tersebut akan menampilkan hasil audit dari kecepatan website seperti contoh di bawah ini.


Dari hasil audit tersebut Anda bisa mendapatkan insight apa saja yang perlu dilakukan agar load website bisa meningkat. Namun terkadang, ada beberapa isu teknis yang kerap sulit untuk ditangani sendiri sehingga membutuhkan bantuan pihak developer.

Seandainya Anda tidak memiliki developer khusus untuk menangani, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Menghapus plugins yang tidak penting.
  • Upgrade versi WordPress atau plugins yang diperlukan.
  • Hubungi layanan hosting provider Anda dan mintalah laporan server performance. Atau bila perlu, Anda bisa upgrade ke server yang lebih powerful.
  • Menggunakan plugin Cache.
  • Mengoptimasi ukuran media seperti gambar dan video.
  • Gunakan CDN (Content Delivery Network) kalau Anda memiliki file CSS yang besar dan banyak penggunaan media.

6. Tingkatkan Social Signals

Social signals mengindikasikan jumlah shares, likes dan visibilitas media sosial pada suatu website. Inilah yang menjadi faktor-faktor penting dalam menunjang ranking, traffic organik dan jumlah backlinks. 

Dengan volume social signals yang tinggi, mesin pencari akan menilai website Anda memiliki konten yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat. Itulah mengapa social signals juga penting untuk menaikkan skor Domain Authority website.

Ada berbagai strategi social signals yang bisa Anda lakukan seperti memposting konten di berbagai platform media sosial, menggunakan visual (foto atau video) yang menarik, membuat kontes dan giveaway, bekerja sama dengan influencer atau brand ternama dan sebagainya.

7. Lakukan Riset Konten Kompetitor

Sebelum membuat konten, ada baiknya Anda melakukan riset konten milik kompetitor dengan topik serupa. Ambil contoh, Anda ingin menulis artikel tentang “plugin Cache terbaik”.  Anda bisa memasukkan keyword “plugin Cache terbaik” di search engine dan menganalisis konten-konten yang muncul di peringkat tiga besar. 

Cari tahu keyword apa saja yang mereka gunakan, isi dari setiap headings dan subheadings, jumlah kata / panjang konten, sumber apa saja yang digunakan, dan sebagainya.

Setelah itu, barulah Anda mulai memfokuskan konten yang akan dibuat. Buat konten yang sekiranya lebih lengkap, menarik dan berkualitas dari kompetitor. Bisa juga menambahkan elemen-elemen pendukung seperti gambar, video, infografis, tabel dan lain-lain untuk menambahkan value konten.

8. Bangun Backlinks yang Berkualitas

Backlinks tidak hanya penting untuk menunjang skor DA Anda, tapi juga skor PA. Namun, pastikan backlinks Anda bukan datang dari website asal-asalan. Popularitas website juga perlu diperhitungkan agar mendapatkan backlinks yang berkualitas. 

Bagaimana caranya? Pertama, konten Anda harus berkualitas. Jika tidak, peluang Anda untuk mendapatkan backlinks akan semakin sulit karena tersaingi dari konten lain yang lebih unggul. 

Kedua, promosikan konten di media sosial. Hal ini penting untuk meningkatkan volume social signals halaman Anda. Sekaligus menarik website lain agar rela memberikan backlinks ke  konten Anda.

Terakhir, manfaatkan tulisan guest blogs ke situs lain yang masih dalam satu industri dengan Anda. Tindakan ini cukup berpeluang dalam menunjang exposure dan saling bertukar backlinks dengan website lain.

Oh iya, di samping backlinks, menguatkan internal link juga menjadi cara terbaik untuk menambah skor Page Authority Anda. Idealnya, Anda bisa menghubungkan ke konten yang saling berhubungan untuk menunjang visibilitas di mesin pencari. Selain itu, internal link juga efektif dalam mengurangi tingkat bounce rate website. 

9. Buat Konten yang Mudah Dibaca

Selain mengutamakan kualitas isi konten, format penulisan juga tak kalah penting. Ini menjadi alasan pengguna agar lebih betah berlama-lama saat melihat halaman Anda. Penulisan dengan struktur yang berantakan akan memicu pengguna malas untuk kembali berkunjung. Dan alhasil, skor Page Authority Anda semakin sulit bertambah. 

Mulailah dengan menciptakan halaman yang mobile-friendly. Setelah itu, baru Anda bisa memperhatikan aspek lainnya, seperti:

  • Buat headings dan subheadings secara terstruktur. 
  • Tambahkan bullet points atau numbered lists agar memudahkan pembaca untuk melakukan skimming pada konten.
  • Beri white space antar paragraf agar tidak terlihat penuh.
  • Pakai jenis dan ukuran font yang nyaman dilihat.
  • Bold setiap kalimat penting agar mudah diingat pengguna.

10. Buat Konten Baru Secara Rutin

Menciptakan konten-konten yang fresh secara rutin merupakan langkah terakhir yang tak boleh dilewatkan. Manfaatnya tidak hanya dapat menaikkan skor PA saja. Konten-konten baru juga mendorong pertumbuhan pengunjung, popularitas, mudah terindeks, dan performa SEO secara keseluruhan. 

Jangan lupa juga untuk rutin mengupdate konten-konten lama Anda. Entah dengan memperpanjang isi tulisan, menambahkan keyword baru atau menambahkan internal link. Setiap kali Anda mengoptimasi halaman, mesin pencari akan mengindeks ulangCara ini cukup efektif dalam menunjang ranking halaman dengan keyword spesifik.

Penutup

Begitu Lah Cara Cek DA PA Blog & Cara Meningkatkannya Dengan Cepat

Sangat disarankan untuk Anda rutin cek DA PA website atau blog secara teratur. Supaya Anda bisa tahu perkembangan website Anda dibandingkan para pesaing. 

Namun, jangan juga terlalu terobsesi dengan skor keduanya. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, DA PA hanyalah sebuah angka untuk membantu Anda membandingkan kualitas satu website dengan lainnya. 

Dari situ, Anda bisa lihat bagian mana yang harus Anda tingkatkan agar kualitas website bisa lebih baik. Entah sisi SEO on-page, off-page, technical, atau lainnya.