10 Cara Belajar Programming Secara Otodidak

10 Cara Belajar Programming Secara Otodidak

Hay berjumpa lagi dengan admin. Kali ini kita akan mengkaji tentang tips studi skill programming secara otodidak. Untuk jadi seorang programmer yang baik, kita wajib terlampau menguasai susunan data, algoritma, merancang manfaatkan OOP, multi-threading, dan bermacam konsep pemrograman kalau recursion, divide, dan conquer, prototyping, dan unit testing. Pemrograman adalah paduan dari banyak keterampilan, artinya kita tidak kemungkinan mempelajarinya di dalam selagi singkat, seluruh perlu selagi dan proses. Kita kemungkinan saja bisa menghabiskan 5 tahun hanya untuk studi bahasa pemrograman, tetapi itu saja kadang tidak cukup. Karena ilmu programming bukan hanya teori, tetapi termasuk perlu skill. Tidak jarang banyak programmer yang baik secara teori, tetapi tidak cukup di dalam skill coding. Lantas bagaimana untuk jadi programmer yang handal, baik secara teori maupun skill? Simak 10 tips selanjutnya ini.

10 Cara Belajar Programming Secara Otodidak

1. Coding, coding dan coding!

Kenapa coding berada di urutan teratas? Karena coding merupakan kunci utama di dalam programming. Dengan laksanakan coding, kita bisa mengerti kesalahan kala merancang, error handling, threading, dan sesudah itu memperbaikinya bersama dengan kemampuan yang kita miliki. Kita tidak bisa bekerja hanya pada desain saja, karena coding membuahkan output, dan dari situ kita bisa studi dari kesalahan untuk jadi sukses.

2. Membaca buku

Coding sebetulnya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan ada perbedaan besar antara kode yang baik dan kode yang buruk, tetapi darimana kita bisa mengetahuinya? Sampai kita udah menyaksikan sendiri mana kode yang baik, dan mengerti mengapa kode selanjutnya disebut baik, kita tidak bisa mengerti perbedaan. Di sinilah buku bermanfaat untuk beri tambahan referensi. Dengan membaca buku kita akan studi dari pengalaman orang lain, dan hanya ada dua cara untuk memperbaiki diri sendiri, yakni studi dari pengalaman diri sendiri (yang terlampau terbatas) atau studi dari pengalaman orang lain (yang tidak terbatas). Ingat, banyak tidak senantiasa baik, daripada membaca 5 buku, membaca dua buku yang bisa mengakibatkan kita nikmati kala membacanya berulang-ulang jauh lebih efektif.

3. Ikut berkontribusi untuk Open Source, mendaftar mailing lists

Ikut berkontribusi pada open source, lebih-lebih Apache, Google dan beberapa proyek lainnya adalah cara lain untuk menaikkan kemampuan pemrograman kita untuk jadi programmer yang lebih baik. Hanya bersama dengan bergabung di mailing list dan mengikuti diskusi yang ada, itu bisa mengajarkan kita tentang banyak hal. Karena beberapa besar dari diskusi yang terjadi kebanyakan melibatkan programmer-programmer handal, bersama dengan mendengarkan mereka, mengerti masalah, dan pendekatan mereka (pandangan dan solusi), secara otomatis termasuk akan mengubah cara programming kita jadi lebih baik.

4. Pahami susunan knowledge dan algoritma

Ini adalah poin yang paling perlu yang wajib dilakukan untuk jadi seorang programmer yang handal. Kebanyakan programmer handal punya kemampuan yang terlampau baik di dalam hal susunan data, algoritma, dan ilmu dasar. Struktur knowledge adalah kunci dari program apapun, dan bersama dengan ilmu yang baik akan menunjang kita di dalam memecahkan masalah. Selain itu, ilmu tentang prinsip-prinsip pemrograman, algoritma, dan yang lainnya termasuk akan menunjang mengembangkan kemampuan programming kita.

5. Membaca blog yang bagus

Membaca blog yang bagus adalah anggota kecil dari membaca buku. Bagaimana membaca blog bisa menunjang kita untuk jadi programmer yang lebih baik? Karena blog ditulis oleh programmer berdasarkan dari pandangan spesial dan pengalaman mereka sendiri, maka kita bisa studi dari situ. Blog termasuk menunjang untuk studi teknologi baru dan fitur baru dari bahasa pemrograman dan API yang ada.

6. Membaca kode

Jika membaca blog bisa menunjang untuk jadi programmer yang baik, maka bersama dengan membaca kode termasuk bisa menunjang untuk lebih baik dari itu. Tapi pada sebenarnya membaca blog sebetulnya jauh lebih mudah daripada membaca baris kode. Coba menyaksikan dan pelajari beberapa kode dari proyek open source, kode dari programmer lain, proprietary kode yang ada, atau yang lainnya. Kemudian pahami bagaimana cara kerjanya, apa yang mereka laksanakan dan mengapa mereka melakukannya.

7. Menulis unit test

Unit test merupakan anggota dari sistem berpikir dan coding yang bisa menunjang kita untuk merancang lebih baik. Selain itu menulis unit test termasuk menunjang banyak hal di dalam mendapatkan nama, abstraksi, interface yang lebih baik, desain abstrak class dan secara keseluruhan akan menaikkan kualitas kode. Tapi seperti halnya coding dan designing, unit testing termasuk merupakan pekerjaan yang sukar bagi kebanyakan programmer.

Setelah analisis, design dan development, unit testing adalah cara lain untuk mengayalkan skenario dan kesenjangan kode. Buatlah aturan, dan pastikan untuk senantiasa menulis unit test kode kita.

8. Lakukan liat kode

Seperti unit testing, liat kode adalah hal perlu lainnya yang bisa menunjang untuk jadi seorang programmer yang baik dan handal. Kenapa? Karena kode liat akan membantu, baik reviewer dan author. Reviewer akan beri tambahan masukan dan saran, sedengkan author (programmer) akan studi dan memperbaiki kesalahannya.

9. Diskusi bersama dengan sesama programmer

Jika membaca adalah cara pasif, maka berbicara adalah cara aktif. Berbicara dan berdiskusi bersama dengan sesama programmer tentang suatu kasus bisa beri tambahan solusi yang lebih baik. Karena untuk jadi programmer yang hebat kita tidak bisa terjadi sendiri dan hanya menyaksikan dari satu sisi saja, kita perlu bertukar asumsi bersama dengan programmer lain untuk beroleh ilmu dan pengalaman yang lebih baik.

10. Ikut berpartisipasi di Stack Overflow, forum, dan blog

Ini adalah wujud lain dari aktivitas untuk meperluas pengetahuan. Dengan share pengetahuan, orang pertama yang akan mendapat manfaatya adalah kita sendiri. Berpartisipasi di StackOverflow dan menjawab beberapa pertanyaan, komentar pada blog dan forum adalah cara yang bagus untuk menaikkan ilmu dan di dalam selagi yang serupa termasuk bisa untuk mengoreksi kesalahan kita.

Itulah 10 Cara Belajar Programming dan menaikkan skill programming kita, are you ready?