4 Tips Sembuhkan Wasir yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jika tidak diobati, wasir bisa menjadi lebih parah dan bisa mengakibatkan pendarahan. Untuk itu, lakukan tips sembuhkan wasir berikut ini sebagai pena
4 Tips Sembuhkan Wasir yang Bisa Dilakukan di Rumah

diadona.id

Wasir/ambeien bisa dikenali dengan munculnya benjolan di sekitar anus, yang disertai dengan rasa gatal atau bahkan perih. Meskipun terkesan sepele, namun jika dibiarkan wasir bisa mengakibatkan pendarahan yang cukup parah. Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda melakukan sejumlah tips sembuhkan wasir seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Tips Sembuhkan Wasir, Sebelum Pergi Ke Dokter

Gejala wasir atau yang juga dikenal dengan ambeien ini bisa saja ditimbulkan karena aktivitas mengejan yang terlalu kuat, saat melakukan buang air besar. Namun wasir/ambeien juga sangat mungkin ditimbulkan bagi Anda yang menderita obesitas, maupun pada ibu-ibu hamil.

Meskipun mungkin gejala wasir pada hamil merupakan hal yang lumrah terjadi, yang mana gejala wasir tersebut akan hilang dengan sendirinya, sesaat setelah melahirkan. Namun tidak demikian halnya, dengan penderita wasir yang diakibatkan oleh obesitas.

Dimana jika semakin dibiarkan, gejala wasir tersebut justru akan menjadi semakin parah. Bahkan mungkin akan mengakibatkan pendarahan. Lebih jauh lagi, beberapa penderita wasir memilih untuk melakukan operasi pengangkatan wasir/ambeien, sebagai metode penyembuhan yang paling tepat.

Namun sebenarnya, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut, jika Anda melakukan sejumlah tips sembuhkan wasir berikut ini. Terutama bagi Anda yang menderita penyakit wasir yang belum terlalu parah. Beberapa tips yang dimaksud diantaranya:

1.Berendam dengan Air Hangat

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan wasir/ambeien adalah dengan merendamnya dengan air hangat. Meskipun pada awalnya akan terasa perih di sekitar anus, namun hal ini secara tidak langsung bisa membuat bengkak yang ditimbulkan oleh wasir/ambeien tersebut bisa mengecil dengan sendirinya.

Bahkan jika memungkinkan, Anda bisa berendam dengan air hangat yang telah diberi sedikit garam, dalam waktu sekitar 15 menit. Karena sebagaimana diketahui, air hangat bisa membantu dalam meredakan pembengkakan. Sementara air garam berfungsi untuk mengecilkan bengkak, yang diakibatkan oleh wasir tersebut. Sama halnya saat air garam digunakan untuk berkumur, untuk meredakan bengkak pada penderita sakit gigi dan sariawan.

2. Menggunakan Obat-Obat Alami

Meskipun memang belum bisa dipastikan bahwa menggunakan obat-obat alami bisa menyembuhkan wasir secara cepat. Namun setidaknya, hal tersebut bisa menjadi pertolongan pertama bagi Anda yang menderita wasir, sebelum akhirnya pergi ke dokter.

Beberapa obat wasir alami yang dimaksud diantaranya:

  • Lidah Buaya (Aloe Vera). Mengandung zatperadangan yang bisa menghentikan peradangan pada bengkak yang diakibatkan oleh wasir. Anda bisa mengoleskan lidah buaya pada bengkak yang muncul disekitar anus (wasir)
  • Cuka Apel. Untukmenggunakan bahan alamiyang satu ini, Anda bisa merendam kapas pada larutan cuka apel, kemudian oleskan pada area anus yang menderita wasir
  • Bawang Putih. Anda bisa memakan bawang putih secara utuh, maupun dengan menumbuknya, lalu ditempelkan pada area yang terkena wasir
  • Kulit Kayu Ek Putih. Mengandung antiseptik, tonik, hingga hemostatik, yang mampu mengurangi peradangan dan juga pembengkakan yang diakibatkan wasir. Untuk menggunakannya, kulit kayu ek putih sebelumnya direbus, kemudian dikukus, lalu dilumatkan hingga berbentuk pasta. Barulah kemudian dioleskan di sekitar anus

3. Kompres dengan Campuran Garam Epsom dan Gliserin

Tips sembuhkan wasir lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah yaitu dengan mengkompres bengkak wasir/ambeien tersebut dengan campuran garam epsom serta gliserin. Anda bisa mengambil 2 sendok garam epsom, kemudian mencampurnya dengan 2 sendok makan gliserin.

Kemudian gunakan campuran dari kedua bahan tersebut sebagai salep yang bisa Anda oleskan pada area munculnya wasir (anus). Diamkan hingga 15 menit, barulah kemudian Anda bisa membasuhnya dengan air hangat. Lakukan cara tersebut berulang-ulang, sedikitnya dalam 4-6 jam sekali.

4. Kompres dengan Es Batu

Bisa dibilang, mengkompres bagian tubuh yang mengalami pembengkakan dengan es batu ini mungkin tidak bisa menyembuhkan peradangan yang diakibatkan oleh bengkak tersebut. Namun hal tersebut setidaknya bisa membantu dalam meredakan pembengkakan yang terjadi.

Begitu juga bagi penderita wasir, dimana mengompres area yang terkena wasir (anus) dengan menggunakan es  batu, setidaknya hal ini bisa mengurangi bengkak yang ditimbulkan, bahkan diyakini bisa menghilangkan sedikit rasa tidak nyaman yang dialami penderita wasir tersebut. Khususnya pada saat hendak duduk.


Itu dia tips sembuhkan wasir yang bisa Anda lakukan di rumah. Meskipun memang, memeriksakan ke dokter adalah cara yang paling tepat untuk menyembuhkan wasir/ambeien, namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan pertolongan pertama padawasir/ambeien yang diderita, dengan melakukan sejumlah tips-tips diatas. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!
LihatTutupKomentar