Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Hay berjumpa lagi dengan admin. kali ini admin akan memberikan artikel tentang cara install node js dan NMP menggunakan cmd di windows 10
Jadi silahkan kalian simak baik baik ya artikel ini.

Apa itu Node Js ?

Sebagai developer website tentu kalian tidak asing ulang bersama dengan namanya node js bukan. Dulu javascript hanya digunakan sebagai client side scripting agar scribt hanya sanggup dikelola dari segi client saja namun diservernya kita perlu menggunakan bahasa pemrogramman yang berbeda. Tentu perihal ini dapat menyulitkan bagi seorang Fullstack developer karena mereka perlu sadar lebih dari satu bahasa pemrogramman yang tidak serupa untuk sanggup membangun sebuah website dari segi Front-End dan Back-End . Namun pada tahun 2009, Ryan Dahl sukses memecahkan persoalan berikut bersama dengan membawa dampak Node Js agar scribt javascribt yang awalannya hanya sanggup di eksekusi dari segi client saja sekarang telah sanggup di melaksanakan dari segi server termasuk . Seiring pertambahan tahun Node Js pun menjadi banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sekelas Netflix, Uber, Paypal, dan eBay dll.

Untuk menginstall node js di windows sanggup dilaksanakan bersama dengan 2 cara yakni bersama dengan menginstall langsung paket Node Js atau bersama dengan menggunakan Node Js Installer , namun pada tutorial ini kita dapat menggunakan Node Js Installer .Ok langsung saja untuk mengawali sistem installasi node js di pc kalian ikutilah beberapa langkah berikut ini :

Download Node Js

Langkah pertama yang perlu kalian melaksanakan untuk mengawali menginstall node js adalah bersama dengan mendownload Node Js installer melalui website resminya node js di https://nodejs.org/en/download. Sesuaikan versi node js installer kalian bersama dengan spesifikasi windows kalian, karena di sini saya menggunakan windows 10 64 bit maka yang tertampil adalah x-64 . Untuk versi Node Js terakhir selagi artikel ini ditulis adalah versi 16.3.1 dimana didalamnya telah include bersama dengan NPM (Node Package Manager). Setelah itu tunggu sistem downloadnya sampai selesai.

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Menginstall Node Js

Setelah kalian sukses mendownload node js installer setelah itu buka folder dimana file Node Js Installer di simpan sesudah itu klik 2 x untuk mengawali sistem installasinya.

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Selanjutnya dapat nampak user license agreement , klik checkbox i accept sesudah itu menentukan next untuk melanjutkan ke sistem selanjutnya.

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Selanjutnya menentukan destinasi wilayah dimana nantinya package-package dari Node Js di letakkan. Pada tutorial ini saya menentukan wilayah default yakni di directori C:\Program Files\nodejs\ . Selanjutnya menentukan next untuk melanjutkan ke sistem selanjutnya.

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Selanjutnya kamu tinggal menentukan komponen untuk disertakan atau dihapus dari instalasi. Pilih default, terkecuali terkecuali Anda punyai keperluan khusus. Klik Next untuk melanjukan ke sistem berikutnya .

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Selanjutnya dapat nampak dialog apakah kalian berkenan menginstall modul pendukung secara otomatis? . Pada tutorial ini saya melaksanakan installasi modul pendukung secara otomatis bersama dengan mencentang checkbox. Klik next untuk melanjutkan ke sistem selanjutnya.

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Terakhir klik install, untuk mengawali installasi Node Js pada pc kalian dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Mengecek Node Js melalui CMD

Langkah yang tak kalah penting untuk menegaskan apakah sistem installasi node js kalian telah sukses semuanya adalah bersama dengan mengeceknya melalui CMD bersama dengan mengetikkan perintah node -v pada CMD kalian seperti berikut ini :

Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10

Menginstall Modul menggunakan NPM via CMD

Seperti yang telah saya jelaskan tadi terkecuali NPM sendiri telah disertakan selagi kita melaksanakan installasi node js namun ketika kita butuh modul-modul atau package-package khusus pada project kita , kita perlu menginstallnya sendiri menggunakan NPM . Berikut adalah umpama perintah menginstall modul bersama dengan menggunakan NPM di CMD:
  1. npm install <nama_modul> 
  2. npm i <nama_modul>
Note : nama modul diganti bersama dengan package yang dambakan kalian install.

Jadi inilah fungsi dari NPM sendiri yakni sebagai package manager dari Node Js. Selain itu NPM termasuk bermanfaat sebagai repository online di mana penggunanya sanggup membagikan modul Node Js dan aplikasi karyanya.
Sekian artikel dari saya kali ini tentang Cara Install Node JS Dan NPM Menggunakan CMD Di Windows 10 , jangan lupa baca artikel saya yang lain ya….