Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat mandi air hangat tidak cuma untuk menangani dinginnya hawa di pagi hari, namun juga sanggup meredakan keluhan spesifik dan bahkan baik bagi
Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat mandi air hangat tidak cuma untuk menangani dinginnya hawa di pagi hari, namun juga sanggup meredakan keluhan spesifik dan bahkan baik bagi kesegaran mental. Untuk menyadari lebih jauh perihal manfaat mandi air hangat, liat pembahasannya di sini.  

Air hangat kerap digunakan untuk mengompres anggota tubuh yang nyeri atau pegal, layaknya perut atau punggung. Selain bersama dengan kompres air hangat, Anda juga sanggup mandi atau berendam bersama dengan air hangat untuk meredakan keluhan tersebut. Mandi air hangat juga sanggup Anda laksanakan untuk meredakan hidung mampet.

Tak cuma itu, manfaat mandi air hangat juga sanggup melancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan bersama dengan air hangat, tubuh dapat membebaskan hormon endorfin, yakni zat kimia yang sanggup memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda dapat mulai lebih rileks setelah mandi air hangat.

Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Selain lebih dari satu perihal di atas, tersedia banyak ragam manfaat mandi air hangat untuk kesegaran yang sanggup Anda peroleh, di antaranya:

1. Meredakan nyeri

Saat otot tubuh mulai nyeri dan tegang, mandi air hangat sanggup menjadi solusi untuk meredakan ketegangan otot dan juga mengurangi rasa tidak nyaman pada sendi dan tulang.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau susah tidur, Anda sanggup mencoba mandi malam gunakan air hangat untuk mengatasinya. Manfaat ini berkaitan bersama dengan efek relaksasi yang sanggup dihasilkan bersama dengan mandi atau berendam air hangat, sehingga sanggup menaikkan mutu tidur dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

3. Mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah situasi ketika pergerakan usus tidak teratur, sehingga susah untuk membuang air besar di dalam jangka sementara yang memadai lama. Mandi atau berendam bersama dengan air hangat yang diberi campuran garam Epsom, dipercaya sanggup menjadi keliru satu langkah mengatasinya.

4. Meredakan tanda-tanda wasir

Wasir sanggup terjadi di di dalam rektum atau di luar lubang anus. Kondisi ini disebabkan oleh terdapatnya pembuluh darah yang membengkak dan meradang di daerah tersebut.

Seseorang yang terkena wasir umumnya dapat mulai tidak nyaman akibat gatal atau mengalami pendarahan pada anus. Mandi berendam air hangat setidaknya sanggup menjadi keliru satu langkah meredakan rasa tidak nyaman dan gatal.

5. Meredakan nyeri akibat prostatitis

Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang mengangkut dan memberi nutrisi pada sperma. Peradangan dan pembengkakan pada kelenjar prostat disebut bersama dengan prostatitis. Kondisi ini sanggup menyebabkan rasa nyeri dan menyebabkan seseorang susah membuang air kecil.

Prostatitis adalah situasi yang perlu mendapat penanganan dokter. Namun, mandi air hangat juga berguna bagi penderita prostatitis untuk meredakan keluhan nyeri.

6. Mengatasi rasa gatal setelah prosedur episiotomi

Sebagian sistem persalinan perlu episiotomi, yakni sayatan di anggota perineum untuk memperlebar jalur muncul bayi. Perineum adalah daerah antara vulva atau bibir kelamin anggota luar bersama dengan lubang anus.
Agar tidak infeksi, luka sayatan di perineum perlu dijaga kebersihannya. Perawatan luka episiotomi di mulai sementara setelah melahirkan.

Dengan mandi air hangat disertai merendam bokong, khususnya anggota perineum, sanggup bersihkan luka episiotomi dan juga berguna untuk meredakan rasa gatal atau nyeri di kira-kira perineum.

7. Mengatasi iritasi kulit

Bagi pemilik kulit gatal dan iritasi, mandi atau berendam air hangat yang dicampur bubuk oatmeal spesifik sanggup menjaga kelembaban kulit dan mengurangi iritasi kulit. Efek mandi air hangat juga sanggup meredakan radang pada kulit.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mandi Air Hangat

Agar manfaat mandi air hangat yang sanggup diperoleh lebih maksimal, tersedia lebih dari satu perihal yang perlu Anda perhatikan:
  • Bila gunakan bathtub, jangan lupa untuk membersihkannya khususnya dahulu.
  • Hindari suhu air yang benar-benar panas. Suhu maksimal yang dianjurkan untuk mandi adalah 40 derajat Celsius. Mandi air panas bersama dengan suhu benar-benar tinggi berisiko menyebabkan luka bakar dan kulit kering.
  • Berendamlah sepanjang 10–15 menit. Jika Anda mulai pusing, sesak napas, atau kulit berubah kemerahan, segera beranjak berasal dari bak mandi.
  • Setelah mandi, keringkan tubuh gunakan handuk berasal dari katun lembut, sesudah itu poleskan pelembap yang tidak mempunyai kandungan bahan iritatif, layaknya parfum atau pewarna, untuk menjaga kelembaban kulit.
Penderita penyakit jantung atau yang dikira mengalami persoalan jantung dianjurkan untuk tidak benar-benar lama berendam air hangat. Batasi cuma 5–10 menit saja dan selamanya cukupi kebutuhan cairan tubuh bersama dengan minum air putih untuk mencegah dehidrasi akibat mandi air hangat.

Selain berendam bersama dengan air hangat di bathtub, Anda juga sanggup mencoba terapi mengapung bersama dengan air hangat yang udah dicampurkan garam. Terapi ini umumnya dikerjakan di dalam tangki spesifik dan miliki banyak ragam manfaat bagi kesegaran fisik maupun psikis.

Jika tertarik gunakan mandi air hangat untuk mengurangi keluhan atau membuat sembuh penyakit tertentu, sebaiknya Anda berkonsultasi pernah bersama dengan dokter untuk menegaskan manfaat dan keamanannya pada situasi Anda. 
LihatTutupKomentar