Ternyata Nasi Dingin Baik Untuk Penderita Diabetes

Ternyata Nasi Dingin Baik Untuk Penderita Diabetes
Source : Dreamers.id

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi nasi putih mungkin kudu dibatasi manfaat menghambat kenaikan gula darah. Untuk hindari pengaruh tersebut, ada anggapan bahwa mereka sebaiknya mengonsumsi nasi putih dingin. Benarkah nasi dingin baik untuk penderita diabetes? Simak pembahasan tersebut ini!

Diabetes mellitus merupakan suatu penyakit yang bisa membuat tingginya kandungan gula didalam darah. Makanan yang kudu dibatasi oleh penderita diabetes adalah makanan bersama indeks glikemik tinggi, dan salah satunya adalah nasi putih.

Ternyata Nasi Dingin Baik Untuk Penderita Diabetes

Indeks glikemik merupakan suatu langkah untuk mengelompokkan makanan dan minuman berdasarkan kecepatannya didalam menaikkan kandungan gula didalam darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan atau minuman, kandungan gula darah akan semakin cepat meningkat setelah makanan tersebut dikonsumsi.

Manfaat Mengonsumsi Nasi Dingin bagi Penderita Diabetes

Nasi putih kaya akan zat pati atau karbohidrat yang bisa dicerna dan diserap bersama cepat oleh usus halus, sehingga kandungan gula darah pun akan meningkat bersama cepat.

Namun, zat pati tersebut bisa diubah menjadi zat pati yang sulit dicerna (zat pati resisten). Cara mengubahnya adalah bersama menaruh nasi yang udah matang di didalam kulkas bersuhu 4°C sepanjang 24 jam, selanjutnya dihangatkan ulang sebelum akan dikonsumsi. Zat pati yang lebih sulit dicerna akan mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh usus.

Itulah sebabnya, nasi putih dingin yang punya kandungan zat pati resisten diakui memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes, seperti:

1. Membantu mengontrol kandungan gula darah

Nasi putih dingin terbukti memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih yang baru matang. Oleh sebab itu, mengganti asupan nasi putih panas bersama nasi putih dingin bisa mengontrol kandungan gula darah penderita diabetes.

2. Meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin

Pada penderita diabetes mellitus, lebih-lebih diabetes type 2, berlangsung gangguan pada kinerja hormon insulin yang berfaedah untuk menopang gula darah masuk ke didalam sel manfaat diubah menjadi energi. Gangguan pada hormon ini akan membuat gula menumpuk di didalam darah, sehingga kadarnya meningkat.

Pati resisten didalam nasi putih dingin bisa menaikkan kinerja insulin di jaringan lemak. Pati resisten yang sulit dicerna di usus halus akan masuk ke usus besar dan diubah menjadi asam lemak, lebih-lebih asam propionat, bersama pertolongan bakteri baik di didalam usus halus. Asam propionat inilah yang akan menaikkan kinerja hormon insulin di jaringan lemak, sehingga kandungan gula darah bisa terkontrol.

3. Menurunkan kandungan kolesterol didalam tubuh

Beberapa studi menunjukkan bahwa mensonsumsi pati resisten, layaknya yang terkandung pada nasi putih dingin, bisa mengurangi kandungan kolesterol dan trigliserida didalam tubuh. Namun, klaim ini tetap kudu diteliti lebih lanjut, sebab sejauh ini, pengaruh tersebut baru terlihat pada hewan percobaan di laboratorium.

4. Berperan sebagai prebiotik

Pati resisten pada nasi putih dingin akan masuk ke usus besar dan berperan sebagai prebiotik. Prebiotik terbentuk berasal dari zat nutrisi yang tidak bisa dicerna dan berfaedah sebagai makanan bagi bakteri baik didalam usus besar. Bakteri baik ini akan memelihara tubuh berasal dari bakteri jahat dan jamur yang bisa mengakibatkan infeksi, dan juga turut berperan didalam menekan proses peradangan.

5. Membuat lebih kenyang dan tidak cepat lapar

Karena kandungan pati resisten pada nasi putih dingin tinggi, proses mencernanya pun cenderung lebih lambat. Hal ini akan membuat Anda mulai lebih kenyang dan tidak cepat lapar. Jika rutin dikonsumsi, nasi putih dingin mungkin bisa menopang Anda turunkan berat badan.

Hal yang Perlu Diingat Sebelum Mengonsumsi Nasi Dingin

Anggapan bahwa mengonsumsi nasi putih dingin lebih baik bagi penderita diabetes ternyata benar. Namun, ada beberapa perihal yang kudu diperhatikan sebelum akan mengonsumsinya, yaitu:
  • Nasi putih dingin kudu dikonsumsi didalam jangka panjang untuk mendapatkan pengaruh menstabilkan kandungan gula darah.
  • Nasi putih yang hendak didinginkan kudu ditempatkan didalam wadah yang bersih untuk menghambat perkembangan bakteri.
  • Nasi putih dingin kudu dihangatkan ulang sebelum akan dikonsumsi. Selain sehingga teksturnya lebih enak disantap, proses penghangatan juga bisa membunuh bakteri di didalam nasi yang didinginkan.
  • Nasi putih dingin kudu dikonsumsi seiring bersama makanan yang sehat bagi penderita diabetes. Hindari lauk yang manis, berlemak, dan berkalori tinggi.
Selain menerapkan pola makan yang sehat, penderita diabetes juga kudu disiplin merintis penyembuhan dan rutin pengecekan ke dokter.