Apa Itu Sitemap dan Cara Submit Sitemap Blog/Website?

Agar website bisa dengan mudah ditemukan oleh crawler, maka daftar halaman website harus tersimpan pada XML sitemap. Namun apakah Anda tahu apa itu
Apa Itu Sitemap dan Cara Submit Sitemap Blog/Website?
appkey.id

Pada umumnya, setiap mesin pencari memiliki crawler khusus yang bertugas untuk menjelajahi setiap website melalui setiap tautan yang dilaluinya. Untuk memudahkan pencarian yang dilakukan crawler, maka semua daftar halaman yang ada pada website hendaknya disimpan dalam format sitemap, maupun XML sitemap. Namun apakah Anda tahu, apa itu sitemap dan cara submit sitemap blog/website?

Apa Itu Sitemap dan Cara Submit Sitemap Blog/Website ke Mesin Pencari?

Idealnya, dalam setiap website terdiri dari beberapa halaman penting. Dimana dengan banyaknya halaman penting yang ada pada website tersebut, tentunya membuat crawlerakan mengalami sedikit kesulitan dalam menjelajahi setiap tautan, yang mengarah dan juga yang dikirimkan oleh website tersebut.

Dengan kata lain, selama halaman penting pada website tersebut tidak dihimpunserta disimpan dengan baik dalam sebuah file penyimpanan khusus, maka kecil kemungkinan, bahwa website tersebut akan behasil ditemukan oleh crawler.

Karena alasan itu pula, maka dikenal adanya file sitemap yang memang berfungsi untuk menyimpan serta menampilkan daftar keseluruhan dari semua halaman website. Sementara pada mesin pencari Google, protokol mengenai file sitemap yang digunakan mengusung format XML sitemap. Kebijakan tersebut telah ditetapkan sejak tahun 2015 yang lalu.

Secara garis besar, sitemap terbagi ke dalam beberapa jenis. Diantaranya:

Normal XML Sitemap. Merupakan jenis sitemap yang tertaut secara langsung ke website

Video Sitemap. Berfungsi untuk membantu mesin pencari dalam memahami setiap konten video yang ada pada website

Image Sitemap. Merupakan jenis sitemap yang berfungsi untuk membantu mesin pencari dalam memahami setiap gambar (image) yang ada pada website

News Sitemap. Berfungsi dalam membantu mesin pencari dalam menemukan konten-konten pada website, yang memang sebelumnya telah disetujui oleh Google

Cara Submit Sitemap Website/Blog agar Bisa Terindeks oleh Mesin Pencari
Selain mengetahui apa itu sitemap, Anda juga sebenarnya perlu mengetahui cara submitsitemap dari website ataupun blog yang Anda miliki. Terutama bagi Anda yang memang menginginkan blog/website yang Anda miliki tersebut bisa terdeteksi oleh mesin pencari.

Bagi Anda yang saat ini tengah menggunakan mesin pencari Google, maka tentunya Anda perlu tahu apa itu sitemap dan cara submit sitemap blog/website ke Google Search Console (GSC). Mengapa harus GSC? Karena memang, GSC tersebut merupakan salah satu layanan Google yang secara khusus bertugas dalam mengindeks blog/website.

Dengan kata lain, dengan melakukan submit sitemapblog/website ke GSC, maka hal ini akan memudahkan Google dalam mengindeks blog dan website milik Anda tersebut. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan beberapa langkah-langkah seperti berikut ini. Diantaranya:

Login ke GSC dengan menggunakan username dan password. Jika belum memiliki akun di GSC, maka Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menge-klik menu sign in

Selanjutnya, cari dan klik menu sitemap

Jika menu sitemap tersebut telah Anda klik, maka langkah selanjutnya, Anda tinggal memasukkan link dari website/blog yang Anda miliki, yang ditulis ke kolom yang tersedia. Misalnya jika nama blog Anda adalah market-pedia.id, maka link yang tertulis akan seperti ini:

https://www.market-pedia.id/sitemap-pages.xml

Setelah link dari blog yang Anda miliki tersebut tertulis di kolom yang tersedia, maka cara submitsitemap lainnya yaitu dengan menge-klik opsi submit

Tunggu hingga 1x24 jam, maupun hingga Google mengirimkan notifikasi bahwa blog/website yang Anda miliki telah berhasil didaftarkan pada GSC

Itu dia informasi mengenai apa itu sitemap dan cara submit sitemap blog/website ke mesin pencari Google. Dengan melakukan langkah-langkah diatas, kini blog/website Anda telah terdaftar di GoogleSearch Console (GSC), dan bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari Google.

LihatTutupKomentar