Cara Daftarkan Blog ke Bing Search Console

Selain ke GSC, mendaftarkan blog ke search engine lainnya juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk itu, Anda bisa simak cara daftarkan blog ke Bing
Cara Daftarkan Blog ke Bing Search Console
Everplans

Mungkin sebagian besar diantara Anda hanya mengenal mesin pencari besutan Google saja. Namun sebenarnya ada beberapa search engine (mesin pencari) lainnya yang bisa Anda gunakan. salah satunya yaitu Bing Search Console. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan blog ke mesin pencari yang satu ini, maka tentunya, Anda perlu menyimak cara daftarkan blog ke Bing SearchConsole terlebih dahulu, barulah Anda bisa mempraktekkannya sendiri.

Apa Itu Bing Search Console, dan Bagaimana Cara Daftarkan Blog ke Bing Search Console Ini?.

Seperti yang telah disebutkan diawal, bahwa selain Google Search Console(GSC), sebenarnya ada banyak mesin pencari lainnya yang bisa Anda gunakan. Bahkan bisa dikatakan, hampir semua mesin pencari tersebut sama efektifnya dengan GSC.

Begitu juga jika Anda menginginkan blog yang telah aAda buat sebelumya, bisa diindex oleh semua mesin pencari tersebut, maka tentunya Anda juga perlu mendaftarkan blog tersebut ke berbagai mesin pencari yang ada.

Sekedar informasi, selain GSC, sebenarnya ada mesin pencari lainnya yang mulai banyak digunakan pada masa ini. Mesin pencari tersebut dikenal dengan nama Bing Search Console. Dengan kata lain, jika Anda ingin menggunakan mesin pencari yang satu ini, dan menginginkan blog yang Anda miliki bisa terdeteksi oleh mesin pencari besutan Microsoft ini, maka tentunya Anda perlu mendaftarkan blog tersebut dengan cara daftarkan blog ke Bing Search Console yang akan dibahas berikut ini.

Bing Search Console sendiri merupakan salah satu mesin pencari terbaru yang diluncurkan Microsoft. Mengapa bisa dikatakan sebagai mesin pencari generasi terbaru? Hal ini dikarenakan, selain Bing Search Console, Microsoft telah lebih dulu meluncurkan mesin pencari lainnya. Beberapa diantaranya yaitu MSN Search, Windows Live Search, serta Live Search.

Hanya saja, karena ketiga mesin penbcari tersebut belum bisa dikatakan sukses dalam mengalahkan mesin pencari Google, maka dengan beberapa pertimbangan, Microsoft akhirnya meluncurkan mesin pencari terbaru lainnya, yang dikenal dengan Bing Search Console ini.

Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Search Console dengan Menggunakan Akun Gmail dari Google Search Console(GSC)

Setelah diluncurkan pada tanggal 1 Juni 2009 yang lalu, tak butuh waktu lama bagi Bing SearchConsole untuk menjadi salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan, selain Google SearchConsole (GSC).

Bahkan bisa dikatakan, mesin pencari yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin blog yang dimiliki bisa terindex oleh mesin pencari lainnya, selain Google. Untuk memudahkan Anda, berikut ini akan diberikan beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara daftarkanblog ke Bing Search Console. Diantaranya:

  • Kunjungi situs Bing Webmaster Tool maupun Bing Search Console di laman https://www.bing.com/webmasters/about
  • Setelah masuk ke halaman utama dari Bing Search Console ini, maka Anda bisa menge-klik opsi sign in, yang berada di pojok kanan atas pada halaman utama dari Bing Search Console tersebut
  • Jika seandainya Anda telah menggunakan akun Google Search Console (GSC) sebelumnya, maka Anda bisa menggunakan akun Gmail yang sama, saat Anda menggunakan mesin pencari Google tersebut, untuk melakukan sign in di Bing Search Console. Namun pastikan dahulu bahwa Anda telah melihat tampilan berupa tulisan “what data will be importedfromyour Google Search Console account and how will we use it?”Barulah kemudian Anda bisa melanjutkan dengan menge-klik opsi continue
  • Langkah selanjutnya, login dengan menggunakan akun Gmail GSC, hingga muncul verifikasi yang bertuliskan “Pastikan Anda mempercayai bing.com”
  • Jika verifikasi tersebut telah muncul, maka Anda bisa segera menge-klik opsi izinkan, maupun opsi allow
  • Jika langkah-langkah diatas telah Anda lakukan, maka kini Anda bisa melakukan centang biru pada blog Anda
  • Lanjutrkan dengan menge-klik opsi import

Demikian informasi mengenai cara daftarkan blog ke Bing Search Console dengan menggunakan akun Gmail dari Google Search Console. Sebenarnya, selain menggunakan akun Gmail dari GSC ini, Anda juga bisa menggunakan akun Gmail lainnya, untuk mendaftarkan blog yang Anda miliki ke mesin pencari yang dikembangkan oleh Microsoft ini. Hanya saja, cara tersebut bisa dikatakan cukup rumit, sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan langkah-langkah diatas.


LihatTutupKomentar