Cara Edit Tema di Blogger

Untuk membuat tampilan blogger Anda menjadi lebih menarik, ada baiknya Anda mengedit tema blogger sendiri. Untuk itu, Anda perlu menyimak cara edit

Cara Edit Tema di Blogger

Template ataupun tema, merupakan salah satu faktor yang bisa membuat blog Anda terlihat lebih menarik. Bahkan dengan tema/template yang indah dan unik, secara langsung bisa membuat pengunjung akan merasa betah untuk berlama-lama berada di blog Anda. Untuk membuat tema yang unik, Anda bisa melakukan pengeditan tema blogger dengan cara edit tema blogger.

Karena meskipun blogger menyediakan template/tema bawaan, namun terkadang Anda juga ingin mencoba beberapa tema blogger yang berbeda dengan pengguna blogger yang lain, bukan? Maka dari itu, selalu pastikan untuk menyimak artikel ini ya!

Cara Edit Tema Blogger Versi Lama

Pada umumnya, blogger telah menyediakan tema/template khusus yang bisa Anda pilih. Namun jika Anda menginginkan tema blogger yang unik, yang tak banyak digunakan oleh pengguna blogger lainnya, maka ada baiknya Anda melakukan pengeditan tema blogger sendiri.

Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan cara edit tema blogger seperti yang akan djelaskan di bawah ini. Dimana cara ini bisa dibilang secagai cara pengeditan tema blogger versi lama. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk pengeditan tema blogger dengan versi lama ini diantaranya:

Pilih blog yang akan digunakan untuk melakukan pengeditan tema blogger

Cara Pengeditan Tema Blogger Dengan Menu Edit HTML (Terbaru)

Selain dengan cara edit tema blogger dengan versi lama, cara pengeditan tema blogger dengan menu edit HTML bisa menjadi pilihan bagi Anda. Mengapa demikian? karena cara ini bisa dibilang lebih efektif. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengeditan tema blogger dengan pengeditan HTML ini diantaranya:

1.Download Tema Blogger

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengedit tema pada blogger yaitu dengan menyiapkan tema blogger yang akan Anda gunakan. Anda bisa mendapatkannya dengan mendownload tema blogger tersebut di beberapa situs penyedia template/tema blogger. Baik yang disediakan secara gratis, maupun berbayar.

Ada baiknya Anda memilih tema blogger dengan eksistensi .xml. Namun bagaimana jika ternyata Anda hanya menemukan tema blogger dengan eksistensi selain .xml? Tentunya Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu menge-klik kanan tema blogger dengan eksistensi selain .xml (misalnya .zip). Kemudian klik opsi extract, hingga tema blogger tersebut berubah menjadi eksistensi .xml.

2. Masuk ke Blogger

Setelah Anda berhasil menemukan tema blogger yang Anda inginkan, maka selanjutnya Anda bisa masuk ke situs blogger. Pada umumnya, akun blogger akan tersimpan secara otomatis di komputer/PC. Sehingga Anda bisa langsung masuk ke akun blogger tersebut, tanpa perlu melakukan login terlebih dahulu.

3. Memilih Blog 

Tak bisa dipungkiri, bahwa setiap orang bisa saja memiliki blog lebih dari satu. Dimana semua blog tersebut akan tersimpan dalam situs dan akun blogger tersebut. Oleh karena itu, untuk melakukan pengeditan tema blogger ini, maka sebelumnya Anda perlu memilih mengenai blog mana yang akan Anda gunakan, untuk pengeditan tema blogger ini.

4. Mulai Memasang Tema Blogger

Jika langkah-langkah diatas telah Anda lakukan dengan benar, maka kini tiba waktunya bagi Anda untuk memasang tema blogger yang telah Anda download sebelumnya. Adapun cara edit tema blogger yang bisa Anda lakukan diantaranya:

Jika Anda sudah merasa cukup puas dengan tema blogger yang baru tersebut, maka kini Anda bisa menyimpan perubahan tersebut dengan cara menge-klik ikon dengan bentuk sebuah disk. Letaknya berada di ujung kanan halaman. Dengan demikian, tema blogger Anda telah berganti, sesuai dengan tema blogger pilihan Anda
Itu dia cara edit tema blogger yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Meskipun mungkin cara pengeditan tema blogger dengan versi lama bisa dikatakan lebih mudah, namun kini, sebagian besar proses pengeditan tema blogger ini hanya bisa dilakukan dengan versi terbaru (edit HTML). Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mempelajari cara tersebut. Selamat mencoba!
LihatTutupKomentar