Cara Investasi Di Aplikasi Bibit Dengan Gampang

Cara Investasi Di Aplikasi Bibit Dengan Gampang

Saat ini, sudah banyak macam investasi yang bisa dikerjakan bagi para pemula. Apalagi, bagi mereka yang tetap bingung untuk pilih type investasi dan platform mana yang dapat digunakan.

Salah satu investasi yang sesuai bagi pemula adalah reksa dana dikarenakan dianggap minim risiko. Dalam reksa dana tersedia diversifikasi sehingga aset dapat disebar pada banyak instrumen. Hal ini pasti dapat merawat kamu dari kerugian yang cukup besar.

Cara Investasi Di Aplikasi Bibit Dengan Gampang

Tak perlu bingung di mana kamu bisa pilih reksa dana, dikarenakan tersedia satu aplikasi yaitu bibit yang jadi platform bagi kamu para investor pemula. Lalu apa itu bibit dan bagaimana langkah investasi di bibit? Simak tetap penjelasan selengkapnya dari Market Pedia di bawah ini.

Apa Itu Aplikasi Bibit?

Untuk diketahui, bibit merupakan sebuah perusahaan finansial teknologi milik PT Bibit Tumbuh Bersama yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sejak tahun 2019. Bibit sendiri membantu investor untuk jadi berinvestasi dan memperjualbelikan product investasi reksa dana secara daring (online) dari bermacam perusahaan manajer investasi (asset management).

Seperti yang sudah dijelaskan, reksa dana merupakan sebuah paket investasi yang memuat lebih dari satu type investasi layaknya saham, obligasi, atau pasar uang yang dikelola manajer investasi profesional yang sudah mempunyai pengalaman di pasar modal. Aplikasi ini dianjurkan bagi siapa saja, juga kamu yang tetap pemula, dikarenakan langkah investasi di Bibit juga enteng dan bisa dioptimalkan sesuai dengan level risiko.

Beberapa sumber juga menyatakan bahwa Bibit merupakan aplikasi reksa dana yang paling banyak dipilih oleh generasi millennial. Cara investasi di Bibit dianggap enteng dikarenakan terdapatnya teknologi “Robo Advisor” yang bisa menyesuaikan pola investasi berdasarkan usia, level risiko, penghasilan, dan juga tujuan tujuan hidup, dan juga memberikan rekomendasi sesuai hasil analisisnya. Sehingga, cara investasi di Bibit yang enteng dan dianggap kekinian, dan juga banyak millennial menjatuhkan pilihan pada aplikasi ini untuk jadi berinvestasi.

Cara Registrasi Akun atau Rekening Reksa Dana

Setelah paham dan paham apa itu bibit, selanjutnya bagaimana langkah registrasi akun atau rekening reksa dana di Bibit? Berikut lebih dari satu langkah-langkahnya.
  • Buka aplikasi Bibit. Apabila kamu belum punya, silakan mengunduhnya terutama dahulu di Play Store atau App Store.
  • Kemudian klik Register.
  • Lalu, jawab 6 kuesioner singkat dari Bibit sesuai dengan profil dan tujuan investasi kamu. Setelah menjawab semua kuesioner, kamu dapat paham profil risiko kamu. Untuk melanjutkan klik Lanjut Registrasi.
  • Masukkan nomer handphone kamu, selanjutnya kode referral kalau ada.
  • Setelah klik Lanjutkan, kamu dapat menerima kode verifikasi lewat SMS. Kemudian, masukkan kode verifikasi, selanjutnya klik Lanjutkan.
  • Setelah itu masukkan email kamu dan isikan kolom yang tersedia sesuai dengan knowledge diri kamu, selanjutnya klik Daftar.
  • Jangan lupa untuk mengunggah foto e-KTP , foto selfie dengan e-KTP dan isyarat tangan digital pada kotak yang disediakan. Setelah selesai, klik Daftar.
  • Kemudian dilanjutkan dengan Buat PIN kamu, selanjutnya klik Set PIN. Nantinya PIN berikut dapat digunakan saat kamu menghendaki menjual Reksa Dana. Jadi, pastikan PIN enteng diingat.
  • Setelah selesai, kamu bisa membuka email kamu untuk laksanakan verifikasi email.
Terakhir, menanti proses pembuatan akun atau rekening Reksa Dana kamu selesai maksimal 1×24 jam.

Tips Memilih Reksadana di Bibit

Apabila akun sudah dibuat dan bisa dibuka, kamu juga tak boleh asal pilih reksadana di Bibit. Daripada kamu salah memilih, berikut tersedia lebih dari satu tips pilih reksadana di Bibit.

Amati Reputasi Manajer Investasi di dalam Produk Reksadana yang Ada di Bibit
Tips pertama pilih reksadana di Bibit adalah dengan mengamati kinerja Manajer Investasi yang punyai rekam jejak pengelolaan dana yang baik. Biasanya mereka punyai surat izin resmi yang dikeluarkan oleh OJK. Bagi investor pemula, tidak perlu kuatir kalau tidak memahaminya dikarenakan Bibit sudah bekerja sama dengan MI paling baik di dalam pengelolaan dana investor.

Selanjutnya, telusuri rekam jejak Manajer Investasi lewat portofolio hasil investasi yang dulu dan sedang dikelola sementara ini. Lihat hasilnya apakah punyai rekam jejak yang baik atau buruk. Selain itu, bisa juga dengan menghendaki langsung profil Manajer Investasi lewat perusahaan tersebut. Dengan begitu, investor bisa berinvestasi dengan safe dan tenang.

Kamu Perlu Memperhatikan Tingkat Return

Dalam mengawali investasi, para investor dapat pilih bermacam macam product investasi sesuai dengan tingkat risiko yang diinginkannya. Perhatikan selamanya return yang dihasilkan MI dari lebih dari satu tahun kebelakang.

Sortir return product dari 3 hingga 5 tahun kebelakang untuk paham hasil keuntungan dan ketekunan kinerja investasi tiap-tiap tahunnya.

Jangan Lupa untuk Mempertimbangkan Tingkat Risiko yang Terjadi
Dalam pilih instrumen investasi pasti selamanya tersedia tingkat risikonya, baik itu risiko yang kecil hingga yang besar. Untuk mengukur tingkat risiko suatu product di Bibit bisa mengfungsikan filter Max Drawdown. Misalnya, kalau product reksadana punyai angka drawdown sekitar 20% di dalam setahun, itu berarti kinerja reksadana dulu mengalami perosotan hingga 20%.

Namun, tidak perlu kuatir bagi investor pemula dikarenakan drawdown yang tinggi cuma bisa terjadi pada type reksadana berbentuk Campuran dan Saham. Investasi layaknya Pasar Uang dan Pendapatan Tetap bisa saja mengalami nilai drawdown, tetapi biasanya relatif rendah. Maka dari itu, reksadana Pasar Uang sesuai digunakan bagi yang menghendaki risiko kecil.

Tentukan Tujuanmu di dalam Berinvestasi

Dalam berinvestasi, memastikan tujuan yang menghendaki didapatkan dari hasil investasi. Pikirkan investasi tersebut, apakah dana yang diinvestasikan dapat digunakan di dalam jangka sementara pendek, menengah atau jangka panjang.

Ketika investor menghendaki jangka pendek, product investasi reksadana layaknya Pasar Uang dan Pendapatan Tetap sesuai digunakan dikarenakan punyai tingkat risiko yang rendah.

Jika menghendaki mengfungsikan dana investasi untuk jangka sementara panjang bisa mengfungsikan reksadana Campuran maupun Saham. Misalnya, untuk ongkos pendidikan, dana pensiun, atau kegiatan yang dikerjakan 5 tahun mendatang.

Pasalnya reksadana ini punyai tingkat risiko yang fluktuatif dan tinggi di 5 tahun pertama. Tetapi dapat mengalami peningkatan setelah 5 tahun mendatang.

Penting untuk Mengetahui Dana Kelolaan

Dana kelolaan merupakan dana yang dikelola oleh suatu perusahaan penyedia reksadana. Dana kelolaan atau Asset Under Management digunakan sebagai acuan di dalam mengukur seberapa besar product reksadana berikut dipercaya oleh investor. Jika suatu product investasi punyai besar pengelolaan dana maka investor dapat jadi yakin dapat dengan mutu MI reksadana tersebut.

Cara Membeli Reksa Dana di Bibit

Terdapat 4 langkah untuk laksanakan pembelian reksadana pada platform online satu ini. Kamu yang tertarik berinvestasi reksadana pada Bibit bisa pilih salah satu langkah berikut ini.

Pembelian lewat virtual akun BNI

Berikut ini langkah laksanakan pembelian reksadana di Bibit lewat virtual akun BNI:
  • Masuk ke website Bibit
  • Cek Rekomendasi Robo
  • Klik ‘Investasi Sekarang’
  • Masukan Nominal Order, selanjutnya klik Beli
  • Checklist bahwa kamu sudah menyetujui syarat dan ketentuan, selanjutnya klik Bayar Sekarang
  • Pilih Virtual Account, selanjutnya klik Bayar
  • Pilih Virtual Account BNI, selanjutnya klik Bayar
  • Kamu dapat masuk ke halaman Order Detail, mendapatkan informasi rekening tujuan transfer, dan berapa yang perlu di transfer. Klik Salin untuk menyalin nomer virtual account, selanjutnya laksanakan transfer ke virtual akun berikut sesuai nominal order kamu
  • Untuk membaca saran transfer (cara pembayaran), silakan scroll ke bawah halaman Order Detail.

Pembelian reksadana rekomendasi Robo

Berikut ini langkah laksanakan pembelian reksadana rekomendasi Robo di Bibit:
  • Untuk belanja reksa dana, kamu tinggal ke halaman Home, selanjutnya klik Investasi Sekarang.
  • Masukkan nominal dana yang menghendaki kamu investasikan, selanjutnya Klik Beli.
  • Baca Prospektus Produk reksa dana yang menghendaki kamu membeli dengan klik Baca Selengkapnya, Checklist kalau sudah setuju, selanjutnya klik Confirm.
  • Pilih metode pembayaran apakah mengfungsikan Go-Pay, LinkAja atau Transfer Manual, selanjutnya klik Bayar.
Khusus metode transfer manual, kamu perlu mengunggah bukti transfer atau konfirmasi pembayaran.

Pembelian reksadana lewat Gopay

Berikut ini prosedur pembelian reksadana lewat Gopay yang bisa kamu lakukan:
  • Klik Investasi Sekarang.
  • Input Nominal Pembelian selanjutnya Klik Beli.
  • Checklist bahwa Kamu Telah Setuju dengan Isi Prospektus selanjutnya Klik Confirm.
  • Pilih Metode Pembayaran GO-PAY selanjutnya Klik Bayar.
  • Klik Buka Aplikasi GO-PAY.
  • Klik Pay.
  • Input Pin GO-PAY Kamu.
Nominal Pembelian dapat Langsung Muncul di Halaman Portfolio.

Pembelian reksadana sesuai pilihanmu

Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk laksanakan pembelian reksa dana sesuai pilihan kamu.
  • Dari halaman Home, klik tombol Search.
  • Pilih type reksa dana, apakah Pasar Uang, Obligasi, Saham, atau Syariah, selanjutnya Klik product reksa dana pilihan kamu.
  • Pelajari knowledge dan informasi reksa dana, scroll ke bawah untuk membaca Prospektus, Jika sudah yakin, Klik Beli.
  • Masukkan nominal dana yang menghendaki kamu investasikan, selanjutnya klik Beli
  • Check list bahwa kamu sudah menyetujui semua isikan prospektus reksa dana, selanjutnya klik Confirm.
  • Pilih metode pembayaran, apakah menghendaki mengfungsikan Go-Pay, LinkAja, atau Transfer Manual, selanjutnya klik Bayar.

Cara Investasi di Bibit untuk Pemula dengan Robo Advisor

Selain bisa laksanakan pembelian reksa dana sesuai dengan pilihan sendiri, kamu juga bisa belanja reksa dana pilihan Robo Advisor yang sudah sesuai dengan profil risiko. Kamu bisa ikuti beberapa langkah atau langkah investasi di Bibit berikut ini untuk laksanakan pembelian reksa dana yang dianjurkan oleh Robo Advisor.

  • Untuk belanja reksa dana, kamu tinggal ke halaman Home, selanjutnya klik Investasi Sekarang.
  • Masukkan nominal dana yang menghendaki kamu investasikan, selanjutnya Klik Beli.
  • Baca Prospektus Produk reksa dana yang menghendaki kamu membeli dengan klik Baca Selengkapnya, Checklist kalau sudah setuju, selanjutnya klik Confirm.
  • Pilih metode pembayaran apakah mengfungsikan GoPay, LinkAja, atau Virtual Account, selanjutnya klik Bayar.

Cara Menjual Reksa Dana di Bibit

Salah satu hal yang bisa kamu laksanakan di Bibit adalah laksanakan penjualan setelah hasil dari invest mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Oleh dikarenakan itu, tak sekedar perlu paham bagaimana langkah laksanakan pembelian reksa dana, kamu juga perlu paham langkah menjual reksa dana di aplikasi Bibit. Berikut ini adalah langkah laksanakan penjualan reksa dana di Bibit.
  • Klik Menu Portofolio.
  • Pilih portofolio yang menghendaki kamu jual. Misalnya: Dana Pensiun atau Dana Tabungan.
  • Klik tombol Jual pada reksa dana yang menghendaki kamu jual.
  • Pilih jumlah unit yang menghendaki kamu menjual dengan menggeser Slider, selanjutnya klik Jual.
  • Masukkan PIN, selanjutnya klik Konfirmasi untuk mengkonfirmasi transaksi penjualan.
  • Dana hasil penjualan dapat masuk ke rekening kamu maksimal 7 hari kerja sesuai prosedur OJK.

Cara Mencairkan Reksadana Bibit

Jika kamu menghendaki mencairkan reksadana berarti kamu menjual portofolio kamu untuk diuangkan. Lalu bagaimana caranya? Berikut prosedur atau langkah mencairkan reksadana di Bibit.
  • Klik Menu Portofolio
  • Pilih apakah portofolio Dana Pensiun atau portofolio Dana Tabungan yang menghendaki kamu jual.
  • Klik tombol Jual pada reksa dana yang menghendaki kamu jual.
  • Tentukan jumlah unit yang menghendaki kamu menjual dengan menggeser Slider, selanjutnya Klik Jual.
  • Input PIN kamu, selanjutnya klik Konfirmasi untuk mengkonfirmasi transaksi penjualan.
  • Kamu dapat mendapatkan Email saat dana hasil penjualan reksa dana masuk ke rekening pribadi kamu.

Keuntungan Investasi di Bibit

Mengapa perlu Bibit? Pastinya tersedia banyak variasi keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau berinvestasi reksa dana di Bibit. Secara umum, lebih dari satu keuntungan tersebut, pada lain:

1. Tersedia Berbagai Pilihan Reksa Dana

Ada banyak pilihan reksa dana yang bisa kamu pilih dan menyesuaikan dengan keinginanmu. Seperti, Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Obligasi, Reksa Dana Saham, dan Reksa Dana Campuran.

Seringkali sebabkan kamu bingung untuk pilih yang mana. Aplikasi Bibit membantu kamu untuk pilih Reksa Dana paling baik sesuai dengan tujuan investasi dan profil dampak kamu.

2. Tidak Ada Biaya Komisi

Pastinya, sementara laksanakan investasi di Bibit kamu dikenakan ongkos Rp 0 atau gratis. Sebab, banyak orang malas berinvestasi dikarenakan tersedia ongkos komisi yang perlu dikeluarkan. Sehingga, Bibit tidak memungut komisi apapun sementara kamu menghendaki berinvestasi.

3. Tidak Kena Pajak

Berbeda halnya sementara kamu berinvestasi bisnis properti dan emas, keuntungan dari reksa dana bukan merupakan objek pajak. Pastinya, sudah tak tersedia komisi sementara transaksi, keuntungan dari investasi di Bibit tidak kena pajak lagi.

4. Pembukaan Rekening Praktis

Tak perlu repot perlu laksanakan pembukaan rekening ke bank atau kantor Bibit, pembukaan rekening dikerjakan secara online dan bisa selesai cuma di dalam hitungan menit. Selain itu, pembukaan rekening di sini juga praktis tanpa tersedia pengisian formulir yang cukup panjang dan memakan waktu.

5. Pencairan Dana Investasi Sangat Fleksibel

Jika ditengah-tengah berinvestasi ternyata kamu butuh uang mendadak, kamu bisa laksanakan pencairan dana investasi di Bibit kapan saja. Pastinya, sementara dan prosesnya tak perlu menanti berhari-hari, cuma di dalam hitungan menit.

6. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Berinvestasi butuh modal mahal? Hal ini tak berlaku di Bibit, Sebab cuma dengan Rp 10 ribu, kamu sudah bisa mengawali untuk investasi reksa dana. Karena Bibit mengutamakan ketekunan untuk rutin menyisihkan lebih dari satu penghasilanmu tiap-tiap bulannya.

7. Telah Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Pastinya, Bibit sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kamu bisa menyaksikan bukti legalitas Bibit di website resmi OJK. Jadi, kalau kamu senang berinvestasi di Bibit, keamanannya sudah pasti tak perlu diragukan lagi.

Perlu diingat, tak sekedar rajin berinvestasi, kamu juga perlu menyisihkan lebih dari satu uangmu untuk era depan layaknya halnya dengan punyai asuransi. Sebab hal ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk investasi yang dapat membantu mengelola keuangan di era yang dapat datang.