Cara Setting SEO di Blogger Paling Mudah

Cara Setting SEO di Blogger berikut ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin melakukan pengaturan agar bisa bersaing di mesin pencari.
Cara Setting SEO di Blogger

Unsplash.com

Cara Setting SEO di Blogger perlu dilakukan dengan cermat dan juga berhati-hati. Tujuannya tentu saja adalah dalam rangka untuk membuat sebuah blog atau website bisa bersaing di mesin pencari. Sehingga bisa mendatangkan trafik kunjungan secara organik pada website tersebut.
Search Engine Optimization (SEO) pada dasarnya merupakan serangkaian teknik tertentu yang digunakan untuk melakukan optimasi website. Melalui proses optimasi tersebut maka kinerja dan performa sebuah blog akan bisa mengalami peningkatan kunjungan secara signifikan.

Cara Setting SEO di Blogger Agar Blog Lebih Optimal

Secara umum, teknik SEO dikenal dengan dua jenis yang berbeda yakni SEO ONPAGE dan juga SEO OFFPAGE. Untuk SEO Onpage berkaitan dengan pengaturan teknik-teknik SEO pada laman website atau blog yang Anda miliki.
Bagi Anda pengguna Blogger, tentunya juga perlu mengetahui cara pengaturan tersebut agar blog yang dimiliki bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa cara setting SEO di blogger yang perlu Anda ketahui.

Cara Setting SEO di Blogger Bagian Tag Meta Deskripsi

Tag Meta Deskripsi menjadi salah satu fitur penting yang berkaitan dengan teknik SEO. Fitur ini terdapat di dalam Blogger sehingga memungkinkan Anda untuk bisa memasukkan meta deskripsi blog secara lebih mudah tanpa harus manual ke dalam template-nya.
Proses aktivasi tag meta deskripsi ini pun terbilang cukup mudah sebab bisa langsung dilakukan melalui dashboard Blogger. Untuk mengaktifkan fitur Tag Meta Deskripsi tersebut, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini.
  • Silakan masuk ke dalam Dashboard akun Blogger yang dimiliki.
  • Kemudian silakan pilih pada bagian menu Setelan atau Settings.
  • Jika sudah, silakan masuk ke bagian menu Preferensi Penelusuran
  • Nantinya Anda akan menjumpai bagian Tag Meta. Silakan Anda bisa klik pada bagian Edit dan setelah itu akan muncul pertanyaan “Aktifkan Deskripsi Penelusuran?” dan silakan pilih Ya.
  • Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan deskripsi dari Blog yang Anda miliki. Kemudian silakan bisa klik bagian “Simpan Perubahan” untuk menyimpan pengaturan tersebut.
Dengan mengikuti beberapa panduan tersebut maka Anda pun sudah bisa melakukan pengaturan SEO pada Meta Deskripsi di Blogger.

Cara Setting SEO Tag Meta Deskripsi Postingan Blogger

Selain meta deskripsi pada bagian blog atau website, Anda juga perlu meletakkan meta deskripsi pada postingan. Jika pada meta deskripsi blog maka tidak perlu diubah-ubah maka tidak demikian halnya dengan meta deskripsi pada postingan.
Anda bisa menggunakan meta deksripsi yang berbeda-beda untuk postingan yang berbeda yang disesuaikan dengan isi artikelnya. Penggunaan meta deskripsi pada postingan ini akan membuat performa blog atau website menjadi semakin optimal.
Sebagai informasi, Cara Setting SEO di Blogger untuk mengatur tag meta deskripsi pada postingan sebenarnya cukup mudah. Jika Anda sudah melakukan setting tag meta deskripsi untuk blog seperti yang disampaikan pada bagian pertama di atas maka secara otomatis pada bagian kanan editor akan muncul menu untuk memasukkan meta deskripsi postingan.
Silakan Anda bisa memasukkan meta deskripsi sesuai dengan kata kunci atau keyword yang Anda bidik. Sebagai saran tambahan, pastikan kalau Anda memasukkan kata kunci tersebut ke dalam bagian meta deskripsi agar mesin pencari lebih mudah dalam membaca dan menemukan website Anda.
Meskipun Anda bisa memasukkan deskripsi postingan secara bebas, namun sebaiknya tetap memperhatikan sejumlah hal. Misalnya penggunaan kata kunci yang sesuai postingan dan juga jumlah karakter dari meta deskripsi tersebut. Hindari penggunaan deskripsi yang lebih dari 160 karakter karena hal tersebut kurang baik utnuk performa SEO blog Anda.

Lakukan Pengaturan Tag Meta Robot

Fitur berikutnya yang juga penting untuk SEO Blogger adalah Tag Meta Robot. Fitur ini berguna untuk menandai dan memberi tahu mesin pencari mengenai bagian mana saja yang boleh diindeks oleh robot crawl dari mesin pencari.
Umumnya fitur ini bisa digunakan untuk mengatasi pembacaan duplicate konten pada suatu blog. Terutama potensi terjadinya duplicate conten pada halaman arsip dan juga pencarian yang ada di situs blog Anda.
Bagi Anda yang masih merasa kebingungan dalam mengatur Tag Meta Robot di Blogger, berikut adalah beberapa langkah mudahnya.
  • Silakan login ke dalam Dashboard akun Blogger yang dimiliki.
  • Setelah itu, Anda bisa masuk ke bagian menu Setelan dan memilih menu Preferensi Penelusuran.
  • Kemudian silakan pilih Aktifkan Tag Header Robot Khusus. Anda bisa melakukan pengaturan sesuai dengan preferensi Anda dan disesuaikan dengan kondisi blog yang dimiliki.
  • Jika sudah maka silakan klik Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan SEO yang sudah dibuat sebelumnya.
Penggunaan Tag Meta Robot ini termasuk hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan pengaturan yang tepat maka robot mesin pencari akan bisa merayapi dan mengindeks website Anda secara lebih cepat dan juga optimal.

Gunakan Setting Berupa Sub-Heading Saat Membuat Konten

Perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari ‘menyukai’ konten-konten blog atau website yang terstruktur. Konten yang mempunyai struktur tentunya akan memudahkan mesin pencari untuk memetakan jenis konten yang Anda miliki.
Selain itu, konten yang terstruktur juga akan bisa memudahkan para pembaca website untuk menemukan informasi yang tepat. Sehingga para pembaca pun menjadi lebih puas terkait dengan penyajian konten tersebut.
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat konten secara terstruktur adalah penggunaan sub-heading atau sub-judul. Sebisa mungkin hindari menulis konten yang hanya berisi paragrag-paragraf saja.
Anda bisa menggunakan bantuan heading, sub-heading, dan lain sebagainya untuk membuat konten menjadi lebih tertata. Konten yang tertata rapi tentunya juga tidak akan membuat para pembaca menjadi bosan. 

Setting SEO Pada Gambar Postingan

Ketika membuat konten, sebaiknya jangan hanya menggunakan tulisan saja. Namun Anda juga perlu menggunakan tambahan media lainnya sebagai pelangkap. Salah satunya adalah gambar visual atau gambar pendukung yang ada di dalam konten.
Cara yang bisa digunakan untuk mengatur SEO pada gambar postingan adalah menggunakan bantuan atribut “alt” dan “title”. Meskipun Blogger secara otomatis akan menambahkan kedua atribut tersebut, namun umumnya tidaklah optimal sehingga perlu dilakukan pengaturan tersendiri.
Cara mengatur setting SEO pada bagian gambar postingan pun sebenarnya relatif cukup mudah. Setelah gambar tersebut diunggah pada konten di dashboard, silakan Anda bisa klik pada bagian gambar tersebut.
Jika sudah, silakan bisa pilih bagian Properties lalu masukkan kata kunci yang ditarget pada kolom yang sudah disediakan. Dengan demikian, jika Anda yang mengetik kata kunci tersebut dalam kolom pencarian gambar maka postingan Anda pun berpotensi untuk bisa muncul di laman hasil pencarian.
Itulah pembahasan lengkap mengenai Cara Setting SEO di Blogger yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan apabila hendak melakukan pengaturan terhadap komponen SEO Onpage pada website yang dimiliki.
LihatTutupKomentar