Ini Dia Cara Daftarkan Blog ke GSC yang Paling Mudah!

Agar bisa diindex oleh mesin pencari Google, maka blog yang Anda miliki hendaknya telah didaftarkan ke GSC. Namun apa itu GSC, dan bagaimana cara
Ini Dia Cara Daftarkan Blog ke GSC yang Paling Mudah!

Meskipun Anda telah berhasil membuat blog, tidak menutup kemungkinan bahwa blog yang Anda miliki tersebut tidak bisa diindex oleh mesin pencari Google. Jika hal itu terjadi, maka besar kemungkinan Anda belum mendaftarkan blog Anda tersebut pada GSC. Namun apa yang dinamakan GSC tersebut? dan bagaimana cara daftarkan blog ke GSC ini? Jawabannya bisa Anda ketahui dalam ulasan di bawah ini.

Pengertian dan Cara Daftarkan Blog ke GSC

Google Search Console atau yang lebih dikenal dengan GSC, merupakan salah satu layanan dari Google yang disediakan secara gratis. Khususnya yang ditujukan bagi para web master yang ingin mengetahui sejauhmana sebuah website maupun blog bisa terlihat (terindex) oleh mesin pencari Google itu sendiri.
Pada mulanya, layanan Google yang satu ini bernama Google Webmaster. Barulah pada tanggal 20 Mei tahun 2015, layanan Google yang disediakan tanpa berbayar ini mulai merubah namanya menjadi Google Search Console (GSC) seperti yang Anda kenal saat ini.
Dengan kata lain, selama blog Anda belum didaftarkan ke GSC ini, maka kecil kemungkinan blog Anda bisa muncul dan terlihat di mesin pencari Google. Jika memang mendaftarkan blog ke GSC ini merupakan salah satu hal yang sangat penting, lalu bagaimana cara daftarkan blog ke GSC ini? 
Untuk membantu Anda, berikut ini akan diberikan beberapa tutorial mengenai cara mendaftarkan blog yang telah Anda buat sebelumnya yang ditujukan ke layanan Google yang lebih dikenal dengan istilah GSC ini. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan diantaranya:

1.Siapkan Akun Gmail yang Sama dengan Saat Membuat Blog

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan blog ke GSC yaitu dengan menyiapkan akun Gmail. Pastikan bahwa Anda telah menyiapkan akun Gmail yang sama, dengan saat Anda membuat blog.

2. Login ke GSC

Setelah akun Gmail telah tersedia, maka Anda bisa langsung melakukan login ke situs GSC. Anda bisa mengunjungi situs GSC ini di laman https://search.google.com/search-console/about. Tentunya dengan menggunakan akun Gmail yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

3. Mendaftarkan (Verifikasi) Alamat Blog yang Dimiliki

Cara daftarkan blog ke GSC selanjutnya yaitu dengan memverifikasi alamat blog yang dimiliki. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan diantaranya:
  • Pada halaman GSC, cari dan klik opsi search property
  • Kemudian lanjutkan dengan menge-klik opsi add property
  • Lanngkah selanjutnya, tulislah alamat dari blog yang telah Anda buat sebelumnya pada URL prefix
  • Kemudian klik opsi continue
  • Setelah opsi continue tersebut telah Anda klik, maka selanjutnya, Anda bisa menge-klik opsi HTML tag
  • Setelah HTML tag tersebut telah muncul di layar PC/komputer/laptop Anda, maka Anda bisa menge-klik opsi copy, yang berfungsi untuk menyalin HTML tersebut
  • Langkah selanjutnya, tempelkan (paste) HTML yang telah Anda salin sebelumnya, pada template blog Anda. Tepatnya di bagian antara tag <head><head>
  • Langkah terakhir, Anda bisa menge-klik opsi verify, kemudian kembalilah ke halaman utama GSC

4. Menge-klik Menu Sitemap

  • Meskipun alamat blog Anda telah terverifikasi, namun sebenarnya cara untuk mendaftarkan blog ke GSC ini belum sepenuhnya selesai. Karena ada beberapa langkah lagi yang harus Anda lakukan, sebelumnya akhirnya blog Anda bisa terlihat di mesin pencari Google. 
  • Salah satunya dengan cara menambahkan sitemap dari blog yang Anda miliki. Untuk melakukannya, Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini. Diantaranya:
  • Pilih dan klik menu sitemap
  • Lanjutkan dengan mengisi kolom add a new sitemap dengan mengetik sitemap.xml
  • Tunggu beberapa saat hingga kolom status di sitemap tersebut berubah menjadi status dengan tulisan success
  • Jika status success tersebut telah muncul, maka hal tersebut diartikan bahwa blog Anda telah berhasil didaftarkan ke GSC, dan kini bisa terindex dengan mudah oleh mesin pencari Google 
Itu dia cara daftarkan blog ke GSC yang paling mudah. Dari penjelasan diatas kiranya sudah bisa menjawab beberapa keraguan Anda mengenai masalah pada blog yang Anda miliki. Salah satunya yaitu mengenai masalah blog yang belum terlihat di mesin pencari Google. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat!

LihatTutupKomentar