12 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

12 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

Halo, apa kabar? Semoga kamu baik-baik aja ya. Banyak di antara kita yang belum mendapatkan lowongan kerja perjuangan mendapatkan kerja saat ini memang sulit. Tapi, kamu nggak perlu berkecil hati dan harus tetap semangat. Kalau kata pepatah, masih banyak jalan menuju Roma. Setuju?
Pekerjaan bisa kamu dapatkan dari mana saja. Tapi, salah satu cara yang paling umum dilakukan pencari kerja saat ini adalah mencari kerja secara online lewat internet. Sayangnya, beberapa iklan lowongan kerja ternyata hoax alias palsu. So, lebih hati-hati sebelum melamar kerja ya. Untuk kamu yang baru lulus kuliah atau sedang cari kerja, di artikel ini kita akan membahas rekomendasi situs lowongan kerja terpercaya dan terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mencari pekerjaan. Ayo kita mulai!

1. Huber

Sesuai dengan nama blog nya Huber, bisa artikan sebagai pengejar. maupun pengejar dalam pekerjaan.
Di situs Huber ini kalian bisa mendapatkan lowongan pekerjaan sesuai yang kalian inginkan. dan di situs ini juga memberikan update lowongan kerja setiap hari nya. jadi anda dapat memilih pekerjaan sesuai yang anda inginkan.

2. Tech in Asia

Sesuai dengan slogannya,  find a startup job you'll love, situs ini cocok buat para startup enthusiast. Baik mahasiswa, fresh graduates, hingga level senior bisa menemukan lowongan yang sesuai dengan keahlian mereka di sini. 
Pilihan industrinya juga beragam, mulai dari e-commerce, media, travel, logistik, pendidikan, kesehatan serta fintech. Kamu juga bisa memfilter pekerjaan berdasarkan lokasi dan ekspektasi gajimu. Sebelum melamar, pastikan kamu sudah melengkapi profil akun Tech in Asia ya. Di situs ini, kamu dapat menemukan lowongan kerja tidak hanya di Indonesia tapi juga Singapura, Malaysia, dan berbagai negara lain di Asia.

3. LinkedIn

LinkedIn adalah media sosial yang menghubungkan para profesional. Di LinkedIn, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik seputar pekerjaan, berbagai peluang kerja, atau membangun networking.
Siapa yang belum punya akun LinkedIn? Bikin dan lengkapi profil dulu yuk! Tahu nggak? Ada 2,8 juta recruiter yang mencari karyawan untuk posisi tertentu lewat LinkedIn, lho. Kamu bisa menemukan pekerjaan di kolom pencarian dan mengaktifkan fitur pemberitahuan agar kamu tidak ketinggalan informasi lowongan kerja terbaru.
Ada juga fitur #OpenToWork yang bisa kamu gunakan agar perekrut bisa mengetahui kalau kamu sedang terbuka untuk lowongan kerja terbaru atau sedang mencari opportunity. Jangan lupa untuk follow beberapa akun recruiter agar kamu mendapat informasi posisi yang sedang mereka cari. Jika beruntung, kamu bisa di-approach HR duluan, lho.

4. Jobstreet

Jobstreet adalah portal penyedia informasi lowongan kerja yang memiliki banyak pengguna. Situs ini menawarkan ribuan pekerjaan dari berbagai bidang seperti keuangan, personalia, komunikasi, pemasaran, dan masih banyak lagi.
Terdapat fitur khusus untuk tes gratis bahasa Inggris bernama JELA (Jobstreet English Assessment) kamu bisa mengukur kemampuanmu dengan fitur ini. Ada beberapa perusahaan yang meminta pelamar mencantumkan skor JELA sebagai syarat melamar kerja. Kamu akan menerima notifikasi lewat email apabila lolos ke tahap wawancara atau sebaliknya. Selain itu, Jobstreet juga memberikan akses bagi pelamar kerja agar bisa memantau perkembangan lamaran kerja di situs ini.
Saat mencari pekerjaan, kamu bisa memfilter lowongan kerja berdasarkan negara, pengalaman, industri, tipe pekerjaan, dan gaji. Situs ini juga memiliki filter lowongan kerja remote, jadi kalau kamu tim yang lebih suka kerja secara remote atau WFA, lebih mudah menemukan lowongan kerja yang cocok di sini. Good luck!

5. Kalibrr

Punya cita-cita kerja di perusahaan ternama seperti BCA atau Astra? Kalibrr merupakan tempat mencari kerja yang pas untukmu. Kalibrr sudah bekerja sama dengan perusahaan ternama dan juga universitas untuk memberikan informasi lowongan kerja kepada fresh graduate

Di Kalibrr, terdapat fitur recommended jobs yang menampilkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Selain itu, situs ini juga menyediakan fitur skill test yang bisa kamu coba. Dengan fitur ini, kamu bisa mengukur kemampuan komunikasi, programming, administrasi, dan lainnya. Nilainya bisa kamu tampilkan di profilmu agar semakin meyakinkan perekrut.

Selain Indonesia, Kalibrr juga memungkinkan kamu menemukan pekerjaan di negara Asia lainnya. Kamu bisa memantau progress lamaran kerja kamu di situs ini dan akan mendapat notifikasi melalui email apabila lamaran berhasil dikirimkan.

6. Glassdoor

Situs pencari kerja yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana. Meski begitu, banyak lowongan dari perusahaan besar seperti Gojek hingga Deloitte yang bisa kamu temukan di sini.

Tak perlu gusar perihal gaji, karena Glassdoor menyediakan fitur salary calculator untuk mengukur gaji yang sesuai dengan lokasi, industri, dan pengalaman kerja. Kamu juga bisa melihat kisaran gaji sebuah pekerjaan di daerah tertentu yang dituliskan oleh pekerja lain. Ini bisa jadi sumber untuk negosiasi gaji bersama HRD.

Berbagai penilaian atau review dari pegawai yang bekerja di perusahaan tertentu mulai dari kultur, work life balance, hingga kebijakan kantor saat Covid-19. Cocok buat kamu yang masih sering galau nyari kerjaan!

7. Karir.com

Selanjutnya, ada situs lowongan kerja buatan anak bangsa. Di Karir.com, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan ternama seperti SCTV, EMTEK, Astra, dan lainnya. Terdapat pilihan untuk melihat lowongan kerja berdasarkan yang paling populer atau yang paling sesuai dengan profilmu.

Sama seperti job portal lainnya, di Karir.com, pencari kerja harus mengisi data diri terlebih dahulu untuk dijadikan resume atau CV digital. Di sini, kamu bisa mencari lowongan kerja berdasarkan jurusan pendidikan, industri, dan pekerjaan paling dicari tahun 2022.

Kalau bingung menentukan gaji saat interview, Karir.com menyediakan fitur hitung gaji berdasarkan posisi dan pengalaman kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan beberapa tes, mulai dari tes kemampuan berbahasa Inggris, tes minat, hingga tes gaya komunikasi untuk mengetahui kemampuanmu. Di sini juga terdapat lowongan kerja untuk management trainee, lho!

8. 9cv9

Situs ini menawarkan berbagai lowongan pekerjaan di Asia Tenggara. Setelah membuat akun, kamu dapat langsung mengunggah CV atau mengisi data diri secara manual. Ada tes psikologi yang didukung oleh IBM Watson Personality Insights. Tes ini akurat dan membantu kamu untuk menemukan pekerjaan yang tepat.

Kerennya lagi, terdapat informasi perusahaan yang membantu kamu menentukan pilihan. Nggak hanya lowongan kerja full time, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan remotefreelancepart-time, dan internship. Pelamar kerja juga bisa memantau progress lamaran kerja dalam situs 9cv9 ini.

9. Glints

Glints merupakan salah satu situs lowongan kerja yang tampilannya simple dan clean. Kamu bisa memfilter lowongan kerja agar lebih mudah menemukan yang paling cocok. Misalnya, mencari pekerjaan berdasarkan kota terdekat, pengalaman kerja, dan kategori pekerjaan. Glints juga menyediakan informasi lowongan kerja berdasarkan tipe pekerjaan (full time- part-time, internship).

Sama seperti situs lowongan kerja lainnya, kamu perlu melengkapi profil untuk menjadi CV digital. Beberapa informasi yang perlu kamu lengkapi seperti: pengalaman kerja, kontak yang bisa dihubungi, pendidikan, skill, pengalaman organisasi, minat dan referensi pekerjaan, ekspektasi gaji, serta tipe pekerjaan. Jangan lupa untuk mencantumkan link portofolio agar perekrut makin terpikat dan tertarik untuk merekrut kamu ya!

10. Karirhub Kemnaker

Karirhub.kemnaker.go.id adalah situs lowongan kerja yang dikembangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indonesia. Di situs ini, kamu bisa menemukan lowongan berbagai kategori pekerjaan seperti sales & marketing, IT, keuangan, creative, dan lainnya. Jika kamu adalah pekerja lepas, kamu juga dapat menemukan berbagai proyek yang sesuai dengan keterampilan terbaikmu.

Karirhub Kemnaker juga memiliki fitur ulasan yang memuat review pekerja tentang perusahaan, gaji, dan wawancara. Jadi, kamu bisa menemukan informasi tentang gaji, tunjangan, jenjang karier, work-life balance, dan budaya perusahaan.

Di situs ini, kamu bisa menemukan berbagai lowongan pekerjaan yang dapat di-filter berdasarkan lokasi, industri, bidang keahlian, dan tipe pekerjaan. Fitur yang sangat menarik dalam situs ini adalah, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan untuk kaum disabilitas, keren kan!

11. Indeed

Seperti job portal lainnya, Indeed merupakan situs lowongan kerja yang menawarkan fitur yang memudahkan penggunanya menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan keahliannya.

Salah satu fitur yang menarik dari situs ini adalah company review yang memudahkan kamu menemukan informasi tentang perusahaan agar menemukan lowongan yang terpercaya dan terhindar dari lowongan kerja abal-abal atau fiktif. Ada juga fitur find salaries yang membantu kamu untuk mengecek gaji berdasarkan job title dan lokasi kerja. Kamu bisa menemukan daerah dengan gaji tertinggi untuk pekerjaan tertentu.

12. Situs resmi perusahaan

Selain 12 situs mencari kerja di atas, kamu juga bisa mendapatkan informasi lowongan kerja dari situs resmi perusahaan. Biasanya, setiap perusahaan punya website career untuk menjaring calon karyawan baru. Misalnya, kamu ingin mencari kerja di Ruangguru, maka kamu bisa mengunjungi career.ruangguru.com untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan keahlianmu. Melamar kerja dari situs resmi perusahaan juga meminimalisir kamu terjebak dalam lowongan kerja fiktif. 

Ada banyak situs pencari kerja yang tersebar di internet, oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati dan cermat dalam memilih lowongan pekerjaan jangan sampai terjebak dalam loker palsu. Kamu bisa coba 10 rekomendasi job portal atau situs lowongan kerja terpercaya yang disebutkan di atas atau melamar melalui situs resmi perusahaan. Semoga membantu dan selamat mencoba~

Sambil melamar kerja, jangan lupa untuk latihan interview dan mengasah skill kamu dengan berbagai kelas pelatihan di Skill Academy. Terdapat ratusan kelas bersertifikat mulai dari marketing sampai IT. Semua kelasnya diajar oleh praktisi berpengalaman dan video belajarnya mudah dipahami. Klik banner ini untuk kepoin kelas-kelasnya!

Posting Komentar untuk "12 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia"