Tips dari Dr. Richard Suwandi Untuk Penderita Diabetes

 

Penderita Diabetes? Simak Tips dari Dr. Richard Suwandi

Halo, pembaca setia! Saya, dokter Richard Suwandi, spesialis penyakit dalam dari Omni Hospital Pekayon, akan mengajak Anda untuk memahami lebih dalam tentang diabetes.


Menurut Dr. Richard Suwandi Sp, PD di Kata Dokter (Channel No 1 di Indonesia), diabetes disebabkan oleh kelebihan gula. Mengurangi atau menghentikan konsumsi gula dapat membantu menjaga kadar gula, tetapi ada cara lain untuk mengendalikan diabetes. Temukan penjelasannya di sana!

Diabetes adalah kondisi yang cukup umum, tetapi penting untuk memahami perbedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2 serta dampaknya pada tubuh kita.

Apa Itu Diabetes?

Diabetes adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan kadar gula darah seseorang. Hal ini disebabkan oleh gangguan kerja dari insulin atau gangguan produksi insulin, atau bahkan keduanya. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh organ yang disebut pankreas. Fungsinya adalah untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh kita.


Simak Apa Kata Dokter:

Penderita Diabetes? Simak Tips dari Dr. Richard Suwandi | Rumah Sakit Omni Hospital Pekayon

Dr. Muhammad Yamin, Sp.JP (K): Komplikasi Penyakit Diabetes | Rumah Sakit Eka Hospital BSD


Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 terjadi akibat kerusakan pada organ pankreas. Organ ini seharusnya memproduksi insulin, tetapi pada diabetes tipe 1, fungsi pankreas ini gagal, sehingga insulin tidak diproduksi sama sekali. Akibatnya, gula darah yang ada di dalam darah tidak bisa masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 memiliki mekanisme yang berbeda. Pada kondisi ini, tubuh masih mampu memproduksi insulin, tetapi terjadi resistensi insulin. Ini berarti bahwa respon tubuh terhadap insulin yang diproduksi menjadi lebih buruk. Sebagai kompensasi, tubuh harus menghasilkan lebih banyak insulin, hingga pada satu titik pankreas tidak sanggup lagi memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Akibatnya, terjadi peningkatan gula darah yang disebut dengan diabetes tipe 2.

Komplikasi Diabetes

Diabetes adalah kondisi serius yang bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satu komplikasi yang umum adalah masalah pada pembuluh darah. Pembuluh darah tersebar di seluruh organ tubuh kita, termasuk jantung dan ginjal. Ketika pembuluh darah ini rusak, bisa menyebabkan masalah serius seperti gagal jantung atau gagal ginjal.

Gejala komplikasi diabetes bisa berupa retensi cairan, yang menyebabkan bengkak pada tubuh. Juga, pasien dengan diabetes bisa mengalami gangguan pada saraf, terutama di ujung tangan dan kaki. Hal ini dapat mengganggu aliran darah ke daerah tersebut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gangguan seperti pembusukan jaringan.

Diabetes Tipe Kering

Diabetes tipe kering adalah kondisi yang biasanya menunjukkan kerusakan pada pembuluh darah atau saraf di ujung tangan dan kaki. Ini mengakibatkan aliran darah yang tidak lancar, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perubahan warna dan kondisi kulit, bahkan hingga amputasi.

Pencegahan dan Pengobatan

Penting untuk sadar akan kemungkinan terkena diabetes, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini. Selain faktor keturunan, gaya hidup juga memainkan peran penting dalam perkembangan diabetes tipe 2. Sekitar 90% kasus diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mencegah diabetes atau mengendalikan kondisi jika Anda sudah terkena, penting untuk menjaga pola makan dan beraktivitas fisik secara teratur. Terkadang, penggunaan obat-obatan juga diperlukan untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

Kesimpulan

Diabetes adalah kondisi serius yang dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan Anda. Penting untuk memahami perbedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2 serta komplikasi yang bisa terjadi. Jika Anda memiliki faktor risiko, pertahankan pola hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Ini adalah langkah pertama untuk menjaga kesehatan Anda dan menghindari komplikasi serius yang dapat disebabkan oleh diabetes.

Berkomentar Lah Dengan Sopan.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak