Kejadian Longsor di Tol Bocimi KM 64 Kronologi dan Dampak

Kejadian Longsor di Tol Bocimi KM 64



Kronologi dan Dampak

  • Pada Rabu, 3 April 2024, terjadi longsor di Kilometer 64 Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada pukul 20.00 WIB. Insiden ini mengakibatkan tiga mobil terperosok. 1
  • Dua orang mengalami luka ringan akibat kejadian tersebut. 1
  • Longsor diduga terjadi akibat gerusan air hujan. 1

Tindakan dan Penanganan

  • Arus lalu lintas di Tol Bocimi Km 64 arah Sukabumi dialihkan ke Exit Tol Cigombong untuk mengatasi dampak longsor. 1
  • PT Trans Jabar Tol, sebagai pemilik konsesi jalan tol, tengah melakukan pengamanan di lokasi kejadian. 1
  • Penutupan arus tol sementara diterapkan. Kendaraan dari Bogor dialihkan keluar di gate Cigombong, dan kendaraan dari Sukabumi tidak masuk gate Parung Kuda tetapi dilewatkan arteri dan masuk tol di gate Cigombong. 1

Kondisi Terkini dan Kesimpulan

  • Kejadian ini menarik perhatian karena Tol Bocimi belum setahun diresmikan oleh Presiden Jokowi namun sudah mengalami longsor, menimbulkan pertanyaan tentang penyebab dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap longsornya tol tersebut. 3
  • Manajemen Jalan Tol Bocimi menduga longsor terjadi karena hujan deras yang terjadi sebelumnya. 3

Kejadian ini menyoroti pentingnya penilaian dan pengelolaan risiko bencana alam, terutama di infrastruktur vital seperti jalan tol yang menjadi arteri penting bagi mobilitas masyarakat.


Detail Kejadian Longsor di Tol Bocimi KM 64


Waktu dan Lokasi


Tanggal Kejadian: Rabu, 3 April 2024.


Waktu Kejadian: Sekitar pukul 20.00 WIB.


Lokasi Kejadian: Kilometer 64+600, pada ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), dekat exit tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Kronologi dan Penyebab


Penyebab Longsor: Diduga terjadi karena gerusan air akibat hujan deras yang melanda sekitar lokasi.

Kendaraan Terlibat: Dua unit mobil dan satu truk terperosok ke dalam amblasnya jalan yang terjadi akibat longsor tersebut.


Dampak dan Penanganan


Dampak: Salah satu mobil, Isuzu Panter, terimbas longsor. Sebuah minibus juga terperosok ke dalam jurang sedalam 15 meter. Truk terguling saat mencoba menghindari lokasi longsor.

Korban: Dua orang terluka dalam kejadian ini dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Sekarwangi di Sukabumi untuk mendapatkan perawatan.

Penanganan:


Arus lalu lintas dari arah Ciawi menuju Parungkuda dialihkan keluar di Cigombong. Akses dari arah Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara untuk menghindari potensi longsor tambahan.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road sedang melakukan peninjauan lokasi untuk memastikan penanganan dan melihat kondisi keseluruhan ruas tol Bocimi.

Pengamanan di sekitar lokasi dan di gerbang Tol Parungkuda diperketat untuk antisipasi adanya kendaraan yang masuk dari Jakarta/Bogor ataupun Sukabumi masuk ke jalur tersebut.




Latar Belakang


Tol Bocimi Seksi 2 baru diresmikan oleh Presiden Jokowi delapan bulan sebelum kejadian ini.


Sumber


Informasi ini disajikan berdasarkan dokumen istimewa dan pernyataan dari Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo, serta Corporate Secretary PT Waskita Toll Road, Alex Siwu