5 Menu Sehat untuk Cegah Batu Ginjal yang Bisa Anda Konsumsi Setiap Hari

Batu ginjal bisa terdeteksi bilamana Anda merasa kesakitan saat buang air kecil. Sebagai pencegahan, Anda bisa mengkonsumsi menu sehat untuk cegah
5 Menu Sehat untuk Cegah Batu Ginjal yang Bisa Anda Konsumsi Setiap Hari

Harapanrakyat


Gejala batu ginjal bisa dengan mudah terdeteksi bilamana Anda mengalami kesulitan, atau bahkan merasa kesakitan saat akan buang air kecil. Ada beragam penyebab munculnya penyakit batu ginjal tersebut. Namun sebagai pencegahan, Anda bisa mengkonsumsi sejumlah menu sehat untuk cegahbatu ginjal seperti yang akan dibahas kali ini.

Menu Sehat untuk Cegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bisa dicegah dengan olahraga yang teratur, serta melakukan pola hidup yang sehat. Termasuk diantaranya dengan melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi berbagai menu sehat yang bisa mencegah munculnya gejala batu ginjal tersebut.

Namun adakah menu sehat untuk cegah batu ginjal tersebut? Tentu saja ada, beberapa diantaranya bisa Anda simak di bawah ini. Diantaranya:

1. Air Putih

Air putih diyakini bisa menghindari gejala batu ginjal. Bukan hanya itu saja, air putih juga telah dipercaya sejak lama sebagai menu sehat untuk mencegah berbagai penyakit. Diantaranya dehidrasi, sariawan dan sakit gigi, dan yang lainnya.

Begitu juga dengan penyakit batu ginjal ini, air putih diyakini sangat baik untuk mencegah batu ginjal, karena bisa mencegah adanya dehidrasi (kekurangan cairan), yang menjadi salah satu penyebab munculnya gejala batu ginjal.

Ada baiknya Anda bisa mengkonsumsi air putih minimal sekitar 1,5 liter per hari (8 gelas), untuk mencegah batu ginjal, hingga berbagai penyakit lainnya yang diakibatkan oleh kekuarangan cairan (dehidrasi).

2. Sayuran

Sayuran diyakini bisa menjadi menu sehat yang bisa mencegah batu ginjal. Hal ini dikarenakan, dalam berbagai sayuran, khususnya sayuran yang berwarna hijau, mengandung serat yang baik untuk pencernaan, hingga melancarkan buang air kecil.

Karena sebagaimana diketahui, gejala batu ginjal bisa terlihat bilamana penderita mengalami kesulitan buang air kecil, yang disebabkan oleh buang air kecil yang tidak lancar. Dengan kata lain, mengkonsumsi sayuran yang mengandung serat dalam jumlah tinggi bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal. Beberapa sayuran yang bisa Anda pilih diantaranya lobak, paprika, serta kol.

3. Putih Telur

Selain air putih dan juga sayuran, putih telur juga bisa menjadi menu sehat untuk cegah batu ginjal yang bisa Anda konsumsi dalam setiap harinya. Hal ini dikarenakan, dalam kandungan putih telur terdapat banyak protein yang mengandung fosfor dalam kapasitas rendah.

Hal ini berbanding terbalik dengan kandungan yang ada pada kuning telur, yang merupakan protein dengan kandungan fosfor dalam kapasitas tinggi. Karena sebagaimana diketahui, jika dikonsumsi secara berlebihan, fosfor bisa memicu timbulnya batu ginjal.

Oleh karena itu, hindari untuk mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan, jika Anda tidak ingin mengalami gejala batu ginjal. Namun alangkah lebih baik lagi, jika Anda bisa mengkonsumsi putih telur tanpa disertai dengan mengkonsumsi kuning telur, bilamana ingin ginjal Anda bisa selalu sehat, tanpa munculnya gejala batu ginjal.

4. Buah-Buahan

Selain sayuran, buah-buahan merupakan salah satu menu sehat yang paling banyak direkomendasikan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Termasuk diantaranya untuk mencegah batu ginjal ini.

Namun khusus untuk mencegah batu ginjal ini, ada baiknya Anda memilih buah apel, sebagai jenis buah yang Anda konsumsi dalam setiap harinya. Hal ini dikarenakan, apel mengandung kaliumdalam kapasitas rendah, serta mengandung berbagai serat yang bisa membantu dalam memperlancar pencernaan, serta melancarkan buang air kecil.

5. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang diyakini busa mencegah munculnya batu ginjal pada tubuh. Namun hal ini hanya berlaku bagi bawang putih dan juga bawang bombay saja. Hal ini dikarenakan, kedua jenis bawang tersebut mengandung fosfor dan juga kalium dalam kapasitas rendah, sehingga aman bagi ginjal, dan bisa 

mencegah timbulnya gejala batu ginjal.


Itu dia ke menu sehat untuk cegah batu ginjal yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Karena sebagaimana diketahui, mencegah lebih baik daripadamengobati. Oleh karena itu, ada baiknya Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit batu ginjal tersebut, sebelum akhirnya penyakit tersebut muncul tanpa Anda sadari. Karena pastinya, biaya pengobatan untuk batu ginjal ini tidaklah murah.

LihatTutupKomentar