Cara Install Xampp Di Windows

Hay gaes berjumpa lagi dengan admin. Pada artikel kali ini aku dapat mengupas cara install xampp di windows dan juga cara menjalankanya secara lokal.
Hay gaes berjumpa lagi dengan admin. Pada artikel kali ini aku dapat mengupas cara install xampp di windows dan juga cara menjalankanya secara lokal. Untuk tutorial ini aku coba menginstall xampp di proses operasi windows 10 ,namun tenang bagi kalian pengguna windows tak hanya windows 10 kalian selalu bisa mengikuti tutorial ini sebab langkah-langkahnya yang mirip bersama windows lainya. Namun sebelum akan beranjak ke proses penginstallan xampp alangkah baiknya kami mengerti lebih-lebih dahulu apa itu xampp dan kegunaanya pada pemrograman web.

Apa Itu Xampp ?

Xampp merupakan sebuah perangkat lunak atau software pengembangan web site berbasis PHP yang lumayan populer. Xampp sendiri merupakan hasil produk berasal dari Apache Friends yang seutuhnya bisa diakses secara gratis dan juga bisa terjadi pada proses operasi cross-platform (Windows, Linux, MacOS) . Software ini ada didalam satu buah bundel yang berisi semua tools yang dibutuhkan untuk mengelola web site seperti Apache, MySQL/MariaDB, PHP, dan Perl sehingga dikala kalian sudah menginstall xampp ini pada laptop atau server kalian , kalian tidak perlu menginstall dan mengkonfigurasi webserver, database dan seterusnya sendiri-sendiri. Jadi xampp ini bisa mempermudah kalian yang tidak menginginkan ribet didalam pengkonfigurasian sebuah web site server.

Cara Menginstall Xampp di Windows

Setelah kalian memahaami berkenaan apa itu xampp dan kegunaanya , saat ini langsung saja kami merasa proses installasi xampp nya. Berikut adalah beberapa langkah cara install xampp di windows :
  • Untuk proses yang pertama silahkan kunjungi web site formal berasal dari apachefriends di link berikut disini.
  • Setelah itu download Xampp installer melalui halaman web site apachefriends yang sudah kami membuka tadi. Di halaman berikut terkandung 3 pilihan installer menurut jenis sisstem operasi yang kami manfaatkan . Karena pada tutorial ini kami manfaatkan proses operasi windows maka kami pilih yang Xampp for Windows . Tunggu hingga proses downloadnya selesai.
Cara Install Xampp Di Windows

  • Setelah itu membuka file installer yang sudah kalian download tadi lantas laksanakan installer nya bersama cara klik kanan pada file installer lantas pilih Run As Administrator .
Cara Install Xampp Di Windows

  • Setelah itu dapat nampak jendela pilihan bhs . Ada 2 pilihan bhs yang tersedia yakni indonesia dan english, pilih bhs yang menurut kalian ringan untuk dimengerti lantas klik next.
  • Setelah itu dapat nampak jendela seperti berikut ini , klik saja Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
Cara Install Xampp Di Windows

  • Setelah itu dapat nampak pilihan file-file apa saja yang dapat kami install. Disini aku membiarkannya seperti default yakni semua file didalam keadaaan tercentang semua sehingga semua file berikut nantinya dapat terinstaall semua. Kalian bisa menyesuaikanya seperti keperluan kalian. Setelah itu klik Next.
Cara Install Xampp Di Windows
  • Setelah itu kalian dapat diminta untuk pilih lokasi folder dimana xampp ini dapat diinstall. Secara default file xampp ini umumnya dapat di letakkan di directori C di didalam folder bernama xampp , Namun kalian bisa mengaturnya cocok keinnginan kalian. Setelah itu klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
Cara Install Xampp Di Windows
  • Setelah itu menunggu proses installasi xampp yang tengah terjadi biasaanya membutuhkan waktu lebih dari satu menit hingga proses installasi xampp terlalu selesai dan xampp bisa digunakan.
Cara Install Xampp Di Windows

  • Setelah proses installasi selesai Xampp sudah berhasil kalian insatall pada laptop atau PC kalian dan kalian pun sudah bisa menggunakanya untuk mendevelop web site secara lokal melalui localhost.

Cara Menjalankan Xampp

  • Untuk menggerakkan Xamp pertama-tama membuka folder dimana installasi xampp kalian berada . Karena tadi kami tidak laksanakan pergantian lokasi installasi xampp maka file-file hasil installasi xampp dapat berada pada direktori :C pada folder xampp.
  • Setelah masuk pada folder xampp , laksanakan file bersama nama xampp-control bersama cara klik kanan pada xampp-control lantas pilih run as administrator seperti pada gambar berikut.
Cara Install Xampp Di Windows


  • Setelah itu dapat nampak halaman control panel . Jalankan layanan Apache dan Mysql bersama cara mengeklik tombol start.
Cara Install Xampp Di Windows
  • Kemudian membuka browser kesayangan kalian dan ketikkan url seperti berikut http://localhost atau bisa termasuk bersama http://127.0.0.1
Sekian artikel aku kali ini cara install xampp di windows jangan lupa baca artikel aku yang lain.

 
LihatTutupKomentar