Cara Mengetahui Alamat IP Domain Menggunakan CMD

Hay sob jumpa lagi nih dengan admin ganteng. Pada kesempatan ini admin mau bagi tuturial tentang cara mengetahui alamat ip domain menggunakan cmd.

Hay sob jumpa lagi nih dengan admin ganteng. Pada kesempatan ini admin mau bagi tutorial tentang cara mengetahui alamat ip domain menggunakan cmd.

Namun sebelum kita ke pembahasan nya. ada baik nya kita cari tau dulu apa itu IP.

IP (Internet Protocol) adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya. 


Internet Protocol juga memiliki tugas routing paket data antara jaringan, alamat IP dan menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork. 

IP Addrees (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit hingga 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. 


DNS Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. 

Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet. Tujuan Alamat IP dan Hubungannya dengan Domain IP address digunakan sebagai alamat numerik suatu domain dalam internet. Domain dan sub-domain ini memiliki ip address yang unik untuk masing-masing tujuan dalam website. Dalam pemetaan domain, alamat-alamat ini tidak diperbolehkan bernilai sama.


Ok gimana sob udah pahamkan tentang IP.

Sekarang kita lanjut sob ke tutorial cara mengetahui alamat ip domain menggunakan cmd.

1. Buka Command Promt atau yang sering di sebut CMD

Maka tampilan akan seperti di bawah ini sob.


2. Setelah itu kalian ketik kan perintah di bawah ini sob.

ping nama-domain.com

Lalu kalian enter aja sob. maka tampilan akan seperti di gambar bawah ini.

3. Nah disitu kalian sudah menemukan IP dari domain kalian tadi sob. 

Gimana sob sangat mudah kan cara mengetahui alamat ip domain menggunakan cmd.

Ok sob mungkin gitu dulu ya sob kalo ada yang ingin di tanyakan, silahkan komentar aja sob.

LihatTutupKomentar